Tips Sukses Bisnis Food Truck Wajib untuk Dicoba

food truck

Bisnis food truck semakin populer saat ini daripada sebelumnya. Kawan Kledo mungkin pernah melihatnya di festival, pesta ulang tahun, pernikahan, dan acara khusus lainnya.

Selain itu, sejak pandemi COVID-19 dimulai, banyak pelanggan memilih untuk mengambil makanan dari truk makanan daripada mengunjungi restoran.

Jika Kawan Kledo tertarik dengan ide menjalankan truk makanan atau sudah memilikinya dan ingin mempelajari cara mengembangkan bisnis truk makanan, yuk baca artikel ini hingga selesai!

Sejarah Bisnis Food Truck

food truck

Ide truk makanan dimulai pada tahun 1961 ketika pedagang kaki lima menjual makanan dari gerobak dorong di New York. Pekerja konstruksi, petugas pengiriman, dan pekerja garmen membeli daging, sandwich, dan buah dari mereka.

Pada tahun 1974, truk taco pertama, King Taco hidup kembali dan memimpin rantai restoran bata-dan-mortir yang sukses di California Selatan.

Sejak itu, truk makanan telah berevolusi untuk menampilkan eksterior berwarna cerah, seringkali dengan merek yang unik. Banyak dari mereka fokus pada jenis makanan tertentu seperti hot dog, pizza, taco, keju panggang, dan kue mangkuk.

Misalnya, The French Quarter adalah truk yang berbasis di New Jersey yang menawarkan jambalaya ala Cajun, udang goreng, dan makanan khas New Orleans lainnya.

Truk makanan telah tumbuh pada tingkat yang eksponensial sejak resesi pada tahun 2008. Pada 2019, ada lebih dari 23.000 truk makanan di Amerika Serikat yang menghasilkan sekitar $ 1 miliar setiap tahun.

Saat pertama kali muncul di tahun 2008, truk makanan “trendi”. Namun, hari ini, mereka adalah konsep utama yang sering lebih disukai daripada restoran dan makanan cepat saji.

Di Indonesia sendiri, bisnis food truck juga telah berkembang dengan pesat, tidak hanya di kota tetapi sudah sampai di desa-desa. Alasan utama dipilih jenis bisnis ini karena pemilik bisnis tidak memerlukan tempat khusus (menyewa gedung) untuk memulainya.

Ada berbagai makanan dan minuman yang dijual di food truck ini, mulai dari ayam geprek, minuman boba, minuman kekinian lainnya, burger, dan lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Food Cost? Berikut Pengertian dan Cara Menghitungnya

Pertumbuhan Industri Food Truck

food truck

Sementara industri restoran telah tumbuh sekitar 2 persen dalam beberapa tahun terakhir, truk makanan telah meroket pada tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 7,9 persen.

Kegemaran truk makanan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat karena orang-orang melihat truk makanan sebagai cara yang menyenangkan dan terjangkau untuk mencoba makanan baru.

Semakin banyak orang menyadari pertumbuhan industri ini dan mengejar usaha truk makanan mereka sendiri sebagai hasilnya. Inilah alasannya: mereka membutuhkan investasi awal yang jauh lebih kecil daripada restoran.

Biaya awal akan tergantung pada negara bagian tempat Anda tinggal, tetapi biasanya mulai dari Rp20 juta. Karena dapat dengan mudah mengubah lokasinya atau menyajikan makanan saat sedang dalam perjalanan, kemungkinan besar ia akan memperoleh keuntungan lebih cepat.

Meskipun truk makanan terlihat di sebagian besar kota, mereka sangat populer di tempat-tempat lain bahkan hingga pedesaan. Mereka sering merupakan usaha bisnis yang sukses karena diparkir di jalan-jalan, kawasan bisnis, pasar petani, bar, tempat olahraga, pompa bensin, dan hampir di mana saja yang diizinkan secara hukum.

Kepopularan bisnis food truck ini ditambah dengan tayangan drama Korea yang sering membagikan bisnis satu ini. Sebut saja di drama Start-Up dimana salah satu tokoh yakni nenek Seo Dal-mi yang berjualan food truck.

Selain drama Korea, food truck juga sering ditunjukan selebritis Korea Selatan melalui unggahan media sosial. Food truck sering digunakan sebagai hadiah dukungan kepada artis.

Alasan Memilih Bisnis Food Truck

food truck

Meskipun ada kebingungan umum, mengenai format mana yang lebih baik untuk gerobak makanan atau bisnis food truck, kami di sini akan menjelaskan mengapa Kawan Kledo harus membuka truk makanan daripada restoran biasa:

1. Truk Makanan Membutuhkan Modal Awal yang Rendah

Truk makanan dianggap sebagai ide bisnis makanan dengan keuntungan tinggi, terutama karena melibatkan investasi yang jauh lebih rendah daripada restoran duduk. Ini merupakan keunggulan kompetitif menjalankan truk makanan daripada restoran biasa karena uang yang Kawan KLedo hemat dalam menyiapkan dapat digunakan untuk operasi lain seperti pemasaran atau menu.

Satu-satunya biaya utama adalah membeli truk, yang juga dapat dihindari jika Kawan Kledo memanfaatkan bisnis penyewaan truk makanan yang sedang berkembang. Dengan truk tua dan peralatan bekas, Kawan Kledo dapat menyiapkan truk makanan dengan biaya yang lebih sedikit.

Selanjutnya, Kawan Kledo perlu melengkapi truk dengan peralatan yang tepat, termasuk knalpot, pemanggang, lampu pemanas, dan peralatan khusus lainnya yang dibutuhkan makanan yang akan Kawan Kledo jual.

2. Truk Makanan Melibatkan Biaya Operasi yang Relatif Rendah

Memiliki restoran mengharuskan Kawan Kledo untuk berinvestasi dalam utilitas mahal, mempekerjakan berbagai staf termasuk juru masak, kasir, server, manajer dapur, pembersih, dll. Termasuk membayar pajak properti jika Kawan Kledo adalah pemilik real estat atau persewaan bulanan jika properti sedang disewakan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga biaya operasional, terutama biaya tersembunyi yang dibutuhkan oleh restoran yang Kawan Kledo kelola.

Di sisi lain, biaya operasional truk makanan adalah dari bulan ke bulan dan terbatas pada makanan, persediaan, dan gas. Kawan Kledo tidak perlu memiliki staf penuh; hanya tim kecil yang akan melakukannya, dan sebagian besar pajak Anda akan jauh lebih rendah.

Kawan Kledo juga tidak perlu memikirkan biaya perbaikan gedung seperti merawat furnitur, peralatan listrik, dan peralatan dapur lainnya, dekorasi restoran, pipa atau langit-langit bocor, dll., semuanya membutuhkan banyak usaha dan tentu saja uang.

Truk makanan, di sisi lain, dapat melakukannya dengan baik hanya dengan sedikit perawatan dan perbaikan di sana-sini dari waktu ke waktu.

3. Truk Makanan Menarik Lebih Banyak Pelanggan

Dengan kualitas makanan yang lebih baik (dibandingkan dengan pedagang kaki lima) dengan harga yang sedikit lebih rendah, Food Truck juga menjadi tren terbaru di kalangan konsumen.

Murah: Hampir semua truk makanan ramah kantong; makan di truk makanan mulai dari serendah Rp5 ribu. Karena biaya makanannya yang rendah ini, Kawan Kledo dapat menyenangkan pelanggan dengan makanan yang terjangkau.

Kesehatan dan Kebersihan: Truk makanan adalah alternatif makanan jalanan yang lebih aman dan sehat. Makanan dari pedagang kaki lima umumnya dianggap tidak aman untuk dikonsumsi. Dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan, semakin banyak orang beralih ke alternatif seperti restoran kecil dan truk makanan.

4. Food Truck Bisa Bereksperimen dengan Lokasi

Restoran bangkit dan mati dengan lokasi mereka. Sekitar 60 persen restoran baru gagal dalam tahun pertama. Dan hampir 80 persen tutup sebelum tahun kelima operasi mereka, dan salah satu alasan utama adalah lokasi yang buruk dan harga sewa yang tinggi.

Inilah sebabnya mengapa Kawan Kledo harus memilih dengan bijak ketika memiliki bisnis food truck.

Untungnya, Bisnis Food Truck kebal terhadap masalah ini, mereka dapat berpindah-pindah, dan Kawan Kledo dapat memilih lokasi food truck sesuai pilihan Kawan Kledo. Jika layanan ini tampaknya tidak berfungsi dengan baik di lokasi tertentu, Kawan Kledo dapat pindah ke beberapa lokasi lain dan melihat apakah bisnis food truck mampu berkembang di sana.

Mobilitas truk makanan ini bisa Anda manfaatkan untuk menarik calon pelanggan juga. Menjadi food truck, akan jauh lebih nyaman bagi Kawan Kledo untuk mengikuti berbagai acara dan festival makanan sehingga Kawan Kledo dapat memperkenalkan produk kepada calon pelanggan.

Kawan Kledo juga dapat mengubah lokasi secara strategis setiap hari atau setiap minggu tergantung pada naik turunnya langkah kaki di beberapa area. Ingatlah untuk memilih lokasiyang mudah diakses (untuk mobil dan kendaraan lain) dan banyak orang yang berjalan kaki.

5. Truk Makanan Memungkinkan Membangun (Atau Memperluas) Merek

Dengan mobil van makanan, Kawan Kledo dapat membangun merek di tingkat yang lebih kecil sebelum berkembang menjadi sesuatu yang lebih signifikan, seperti restoran duduk atau mungkin mewaralabakan food truck.

Kebingungan beberapa pemilik restoran antara pergi ke truk makanan atau restoran biasa dapat diselesaikan dengan menggunakan contoh yang baik dari kedua format restoran.

Dinamika truk makanan sama sekali berbeda dari restoran duduk. Menganalisis lokasi terbaik, mencoba resep baru, memodifikasi rencana dan menu bisa jauh lebih mudah dalam model truk makanan dibandingkan dengan restoran.

Karena restoran duduk bersifat tetap, akan sulit dan mahal untuk mengubah nama merek dan citra jika diperlukan. Sebuah truk makanan memungkinkan Kawan Kledo untuk memiliki kontrol yang lebih baik dan lebih banyak fleksibilitas.

Ini tampaknya merupakan jalan terbaik bagi pengusaha pemula karena mereka dapat meneliti, dan bereksperimen dengan model mereka sebelum mereka berani mendirikan restoran duduk dengan investasi dan risiko tinggi.

Setelah mendapatkan pengetahuan yang komprehensif, Kawan Kledo kemudian dapat menyimpulkan tentang apa yang paling cocok untuk restoran ini. Pengetahuan ini akan membantu Kawan Kledo dalam ekspansi bisnis ini.

Penggabungan perangkat lunak manajemen restoran akan menjadi ide bagus untuk merampingkan operasi truk makanan ini. Jenis kemudahan yang dibawa oleh POS restoran untuk mengelola truk makanan membantu Kawan Kledo meningkatkan penjualan secara langsung.

10 Tips Sukses Food Truck

truk makanan

Meskipun truk makanan biasanya lebih mudah dan lebih terjangkau untuk memulai dan beroperasi daripada restoran, itu membutuhkan waktu dan upaya untuk memastikan kesuksesan.

Ada strategi tertentu yang dapat membantu Kawan Kledo menonjol dari bisnis food truck lain, mendapatkan pelanggan baru, mempertahankan yang setia, dan memaksimalkan keuntungan.

Berikut beberapa tips sukses bisnis food truck yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk bisnis Kawan Kledo:

1. Lakukan Riset Pasar yang Luas

Sebelum Kawan Kledo membeli truk makanan, luangkan waktu untuk melakukan riset pasar secara menyeluruh.

Penelitian ini akan membantu Kawan Kledo menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • “Apakah ada tren makanan yang sedang berkembang di kota Kawan Kledo?,”
  • “Apakah area tertentu membutuhkan truk makanan?”
  • “Apakah ada banyak truk makanan jenis tertentu?

Jika Kawan Kledo mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, Kawan Kledo akan lebih mudah membuat keputusan bisnis yang strategis.

2. Pilih Bisnis Food Truck dengan Bijak

Untuk jenis truk makanan yang bisa Kawan Kledo jalankan, pilihannya tidak terbatas. Kawan Kledo dapat memilih pizza, barbeque, slider, taco, keju panggang, minuman kekinian, boba, dan lainnya.

Jadi, bagaimana cara Kawan Kledo memilih jenis truk makanan yang sempurna? Riset pasar akan mengarahkan Kawan Kledo ke arah yang benar. Jika Kawan Kledo menemukan bahwa ada banyak truk makanan keju panggang di daerah Kawan Kledo tetapi tidak cukup truk makanan pizza, Kawan Kledo akan tahu apa yang harus difokuskan.\

Cobalah untuk memilih truk makanan yang tidak hanya memungkinkan persaingan yang lebih sedikit tetapi juga terjangkau dan sesuai dengan minat pribadi Kawan Kledo.

3. Buat Daftar Kebutuhan Yang Diperlukan

Kawan Kledo akan memerlukan berbagai persediaan untuk membuka dan menjalankan bisnis food truck ini. Daripada hanya membeli barang setiap kali melihatnya, buatlah daftar apa yang Kawan Kledobutuhkan. Daftar ini kemungkinan akan mencakup item seperti:

  • Sarung tangan sekali pakai
  • Alumunium foil
  • Wadah
  • Cucian piring
  • Perkakas
  • Alat bersih-bersih
  • Perlengkapan keselamatan.

Setelah Kawan Kledo membuat daftar, Kawan Kledo dapat berbelanja untuk menemukan penawaran terbaik. Kemungkinan besar, strategi sederhana ini dapat menghemat banyak waktu dan uang Kawan Kledo.

4. Beli Food Truck yang Tepat

Tidak semua truk makanan diciptakan sama. Percaya atau tidak, food truck memiliki kisaran harga mulai dari Rp45 juta hingga Rp300 juta. Selain itu, Kawan Kledo dapat membelinya baru atau bekas. Meskipun truk baru dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan khusus Anda, harganya mahal.

Truk bekas, di sisi lain, lebih murah daripada yang baru tetapi memiliki risiko lebih tinggi untuk perawatan yang mahal. Pilihan lain adalah menyewa truk sehingga Kawan Kledo dapat menguji usaha ini dan menghabiskan lebih sedikit uang setiap bulan.

Saat Kawan Kledo mengetahui jenis truk makanan apa yang ingin Kawan Kledo beli atau sewa, pergilah ke dealer truk makanan terkemuka seperti Prestige Food Trucks, Cruising Kitchens, atau FoodTrucks.net.

Terakhir,Kawan Kledo harus mempertimbangkan cara membiayai pembelian truk makanan ini. Dalam situasi ini, banyak pemilik usaha mengejar pinjaman usaha truk makanan untuk membeli kendaraan mereka. Dengan memiliki akses ke pinjaman truk makanan, Kawan Kledo akan memiliki dana untuk membeli truk tanpa mengambil arus kas dari area lain bisnis Kawan Kledo ini.

5. Menggabungkan Untuk Melindungi Aset

Kawan Kledo bisa memulai bisnis truk makanan sebagai kepemilikan tunggal dan menggabungkannya di jalan. Namun, langkah bijak adalah memasukkannya dari awal.

Ini karena Kawan Kledo akan menjual produk makanan, yang berisiko membuat orang sakit, menggabungkan dapat melindungi aset jika terjadi tuntutan hukum.

Untuk itu Kawan Kledo juga perlu mendaftarkan bisnis Kawan Kledo untuk melindungi bisnis ini dari tuntutan hukum.

6. Tetapkan Anggaran Food Truck

Anggaran yang solid adalah bagian penting dari rencana bisnis truk makanan. Untuk membuatnya, tuliskan jumlah uang yang ingin Kawan Kledo keluarkan untuk setiap komponen bisnis.

Komponen-komponen ini mungkin termasuk peralatan dapur, staf, perawatan kendaraan, dan pemasaran.

Ingatlah bahwa pasar dan peraturan truk makanan kemungkinan akan menyebabkan perubahan anggaran dari waktu ke waktu. Juga, pastikan anggaran Kawan Kledo realistis dan memungkinkan Kawan Kledo untuk mengambil utang sesedikit mungkin.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pinjaman truk makanan dapat menjadi cara yang bagus untuk membiayai bisnis ini. Jadi, setelah anggaran habis, teliti pilihan pembiayaan bisnis seperti:

7. Coba Taktik Pemasaran Kreatif

Pemasaran adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis, jadi Kawan Kledo harus membuat strategi pemasaran yang melibatkan banyak strategi. Berikut adalah beberapa contoh teratas:

  • Cobalah strategi pemasaran digital seperti iklan Facebook dan Search Engine Optimization (SEO).
  • Buat buletin email, menginformasikan pelanggan terdekat di mana truk makanan Anda diparkir dan apa saja yang termasuk dalam menu Kawan Kledo.
  • Berinvestasi dalam inisiatif tradisional seperti pemasaran surat langsung.
  • Upaya pemasaran Kawan Kledo harus berkelanjutan dan akan berkembang seiring waktu saat Anda mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak.

8. Pilih Lokasi Bisnis Food Truck Terbaik

Sebagai pemilik truk makanan, Kawan Kledo memiliki kebebasan untuk membawa bisnis Kawan Kledo ke mana saja. Pikirkan di mana pelanggan ideal paling sering berkumpul.

Kemudian, dapatkan izin untuk memarkirkan truk di sana dan lihat seberapa besar traksi yang Kawan Kledo dapatkan. Biasanya, truk makanan tampil optimal di festival, kawasan bisnis, dan taman truk makanan.

Namun, sejak COVID-19, truk makanan juga menjadi populer di daerah pemukiman, karena pelanggan senang bisa mendapatkan makanan untuk dibawa, dan memakannya dengan aman di rumah mereka sendiri.

9. Pantau Ulasan Truk Makanan

Saat ini, ulasan dapat meningkatkan atau menghancurkan bisnis kecil Kawan Kledo. Karena alasan ini, sebaiknya Kawan Kledo memantau ulasan secara teratur.

Jika memungkinkan, tanggapi semua ulasan, baik dan buruk. Dengan cara ini calon pelanggan yang mencari bisnis Kawan Kledo secara online akan tahu bahwa Anda menghargai pelanggan dan selalu ingin meningkatkan diri.

Untuk meningkatkan ulasan, Kawan Kledo mungkin ingin menawarkan insentif (seperti diskon) agar pelanggan mengulas truk makanan dan Kawan Kledo dapat membangun kepercayaan secara online.

10. Manfaatkan Media Sosial

Pemasaran media sosial dapat memberikan keajaiban untuk bisnis truk makanan Anda. Buat halaman Facebook, Twitter, dan Instagram yang menarik dan perbarui sesering mungkin.

Bagikan item menu terbaru dan terfavorit dan juga di mana bisnis food truck kawan Kledo akan diparkir, penawaran, dan hadiah.

Buat orang-orang tertarik dengan truk makanan Kawan Kledo sehingga mereka menjadi pengikut; ini dapat mendorong mereka untuk membagikan konten Kawan Kledo dengan jaringan mereka.

Baca Juga: Tantangan dan Solusi dalam Pencatatan Keuangan Restoran

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips bisnis food truck yang dapat Kawan Kledo ikuti agar bisnis Kawan Kledo bisa meraih kesuksesan. Selain beberapa tips yang telah disebutkan di atas, pastikan juga Kawan Kledo mengelola keuangan bisnis food truck ini dengan baik.

Gunakan software akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis restoran food truck. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang dan nikmati mudahnya pengelolaan keuangan bisnis ini.

Banner 2 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × two =