19 Manfaat Akuntansi dalam Pengembangan Bisnis

Manfaat akuntansi bagi bisnis tidak bisa dianggap sepele. Akan tetapi, masih banyak yang menganggap akuntansi tidak termasuk dalam skala prioritas bisnis.

Pikiran semacam ini berpotensi mendatangkan kerugian pada keuangan bisnis yang menghambat pertumbuhan bisnis.

Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali manfaat akuntansi mulai dari hutang dan piutang hingga penggajian, arus kas, pajak. Perlu Anda ingat, bahwa kesehatan bisnis Anda secara keseluruhan terkait erat dengan cara Anda mendekati tugas akuntansi Anda.

Ingin mengetahui lebih jauh manfaat akuntansi dalam proses pengembangan bisnis? Anda bisa membaca artikel ini lebih jauh:

19 Manfaat Akuntansi yang Mungkin belum Anda Tahu

manfaat akuntansi

1. Pencatatan transaksi agar mudah diingat

Manfaat akuntansi yang pertama adalah mempermudah proses pencatatan transaksi.

Dalam sebuah organisasi bisnis, sejumlah besar transaksi terjadi. Tidak mungkin bagi siapa pun untuk mengingatnya lama-lama. Pembukuan memungkinkan Anda mengingat semua transaksi karena transaksi dicatat secara sistematis.

Seorang pengusaha setiap saat dapat dengan mudah mengumpulkan informasi dari proses akuntansi yang sesuai standar. Inilah yang menjadi manfaat akuntansi yang utama.

2. Kepastian untung rugi usaha

Pada akhir periode akuntansi tertentu, laba rugi suatu bisnis dapat dipastikan dengan menyiapkan laporan laba rugi. Hal ini akan memudahkan banyak pemilik bisnis dalam mengambil keputusan bisnis.

Misalnya jika laporan laba rugi memperlihatkan keuntungan, maka mereka harus melakukan penghematan dalam pengeluaran. Sebaliknya jika laporan tersebut meunjukan keuntungan, maka mereka harus membuat rencana untuk pengembangan bisnis yang lebih baik.

3. Mengetahui posisi keuangan secara keseluruhan

Posisi keuangan total dari suatu bisnis yaitu total modal, total hutang, total piutang, total aset, dan kas di tangan dan bank dapat diketahui dengan menyiapkan neraca pada tanggal tertentu. Ini adalah manfaat akuntansi yang berguna untuk memastikan posisi keuangan pada bisnis baik baik saja.

Baca juga: Akuntabilitas Adalah? Berikut adalah Pembahasannya Secara Mendalam

4. Kontrol biaya

Jumlah pendapatan dan pengeluaran bisnis yang besar akibat tidak mengalokasikan dana secara tidak bijaksana dapat diketahui jika akun-akun dikelola secara sistematis dan benar.

Akibatnya, pengeluaran berlebih atau penyalahgunaan dapat dikendalikan dan pengeluaran dikendalikan dengan menjaga konsistensi dengan pendapatan.

5. Membantu manajemen bisnis

Perencanaan mengenai pemasukan dan pengeluaran menjadi lebih mudah melalui pembukuan yang tepat dan akurat,.

Langkah-langkah yang tepat dapat diambil untuk mengidentifikasi pos-pos pendapatan dan pengeluaran yang menguntungkan dan tidak menguntungkan. Selain itu, harga jual dan pajak penghasilan ditentukan melalui laporan keuangan dan proses akuntansi pada bisnis Anda.

6. Mencegah kesalahan; penipuan dan pemalsuan

Manfaat akuntansi selanjutnya adalah pncegahan dan deteksi penipuan dan pemalsuan dimungkinkan dengan menjaga akun secara sistematis.

Keakuratan aritmatika akun juga diuji dengan menyiapkan neraca saldo. Dan langkah-langkah tepat waktu dimungkinkan jika perlu, seperti memperbaiki kesalahan dalam akun.

Namun untuk proses akuntansi yang lebih aman, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang memiliki fitur pengaturan peran sehingga Anda bisa dengan mudah mengontrol siapa saja yang bisa mengakses data sensitif dari proses pembukuan Anda.

Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini:

7. Analisis komparatif

Laba rugi dan kewajiban properti tahun berjalan dapat dibandingkan dengan hal-hal serupa dari tahun sebelumnya jika akun disimpan secara sistematis dan akurat.

Ini membantu pengusaha dalam merumuskan aturan dan memudahkan pengambilan keputusan dalam binsis

8. Membantu penyelesaian sengketa

Kesalahpahaman mungkin timbul di antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam urusan bisnis yaitu debitur, kreditur, investor, pemilik, karyawan, dll.

Pembukuan dan proses akuntansi yang sistematis dan akurat meminimalkan kemungkinan perkembangan yang tidak diinginkan tersebut.

9. Membantu penetapan pajak

Pembukuan yang sistematis dalam prinsip-prinsip yang diterima umum (PABU) membantu menyajikan laporan pajak penghasilan yang andal berdasarkan mana pajak penghasilan ditentukan.

10. Menjaga akun tentang PPN

Akuntansi mencatat semua transaksi PPN secara sistematis dan membantu menentukan PPN dalam suatu produk atau PPH dalam sebuah layanan.

11. Mengetahui posisi kas

Dalam laporan kas, semua penerimaan kas dan pembayaran kas dicatat. Penerimaan kas sehari-hari, pembayaran dan kas di tangan dan kas di bank dapat diketahui dari buku kas. Informasi mengenai cash in hand sangat penting dalam menjalankan bisnis.

12. Kontrol atas aset dan kewajiban

Seorang pengusaha harus memperoleh berbagai jenis properti dan aset untuk menjalankan bisnis secara menguntungkan dan dengan demikian ia harus menghadapi banyak kewajiban.

Posisi yang tepat dari aset dan kewajiban dapat dipastikan dengan mangatur akun dengan benar. Akibatnya, seorang pengusaha dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengendalikan penurunan aset dan peningkatan kewajiban.

Baca juga: 14 Prinsip Dasar Akuntansi yang Harus Anda Ketahui

13. Dokumen otentik dan bukti saat harus berurusan dengan hukum

Dalam penyelesaian perselisihan antara pihak-pihak yang berkepentingan bisnis, biasanya Anda akan berurusan dengan hukum dan kasus diajukan di pengadilan. Rekening yang disimpan dengan benar dapat disajikan di hadapan pengadilan sebagai bukti dokumenter.

14. Membantu dalam penilaian aset dan kewajiban pada saat penutupan bisnis dan dalam kasus kebangkrutan pemilik

Dalam kedua kasus pembubaran dan kepailitan, otoritas yang bersangkutan dapat menentukan nilai berbagai aset dan kewajiban dengan baik dari pembukuan yang dipelihara secara sistematis dan akurat. Dalam situasi ini, penilaian aset dan kewajiban yang akurat sangat penting.

15. Membantu penetapan nilai suatu usaha

Untuk alasan apapun, pertanyaan menjual seluruh bisnis atau hanya sebagian mungkin timbul dalam perjalanan waktu. Dalam situasi ini, nilai atau value yang akurat dapat ditentukan berdasarkan akun yang disimpan dengan benar.

16. Menguji akurasi aritmatika akun

Di bawah sistem entri ganda kesalahan akuntansi dan penipuan dalam akun, jika ada, dapat dideteksi dengan mudah dengan menyiapkan neraca percobaan dan tindakan yang tepat dapat diambil tepat waktu untuk perbaikan.

17. Kesesuaian pemasukan dan pengeluaran

Pengembangan bisnis secara keseluruhan dimungkinkan melalui pencocokan pendapatan dan pengeluaran jika akun disimpan dengan benar.

18. Keuntungan jika Anda mengambil pinjaman

Mengambil pinjaman menjadi lebih mudah jika akun disimpan dengan benar. Pemberi pinjaman memberikan sanksi pinjaman berdasarkan informasi akuntansi.

19. Mengetahui Hutang Piutang yang Belum Dilunasi

Akun yang disimpan dengan benar membantu dalam menyiapkan laporan hutang dan piutang yang belum dibayar dan dengan demikian langkah-langkah dapat diambil untuk pembayaran hutang dan penagihan piutang yang tepat waktu.

5 Mitos Seputar Akuntansi

Akuntan Hanya Mengerjakan Pajak

Mampu menyiapkan pajak adalah salah satu keterampilan yang akan Anda pelajari untuk menjadi seorang akuntan, tetapi Anda juga akan belajar menangani beberapa tugas keuangan lainnya.

Ingatlah bahwa Anda dapat memilih untuk fokus atau mengkhususkan diri dalam menyiapkan pajak dan menangani masalah terkait pajak lainnya sebagai akuntan jika Anda menjalankan bisnis akuntansi Anda sendiri. Namun, banyak akuntan menangani tugas yang lebih luas selain persiapan pajak

Akuntansi Tidak Penting

Mitos bahwa akuntansi tidak penting sejalan dengan mitos tentang akuntan yang hanya mengerjakan pajak. Kesalahpahaman ini dapat membuat pemilik bisnis percaya bahwa mereka tidak benar-benar perlu mempekerjakan seorang akuntan.

Namun, para pemilik bisnis ini sering menemukan bahwa perusahaan mereka jauh lebih baik dengan adanya akuntan. Akuntan dapat mempermudah perusahaan untuk menyelesaikan pajak, sekaligus memberikan informasi penting kepada pemilik bisnis tentang situasi keuangan perusahaan mereka.

Akuntansi menyediakan cara yang dapat diandalkan bagi perusahaan untuk melacak keuangan mereka dan melakukan perbaikan atau penyesuaian sesuai kebutuhan.

Akuntansi Terlalu Sulit

Mitos tentang akuntansi ini sering kali datang dari mereka yang tidak memiliki minat pada jenis pekerjaan ini. Pikiran harus menghabiskan hari kerja dengan melakukan perhitungan dan angka-angka mungkin tampak mengintimidasi bagi mereka yang tidak memiliki keterampilan matematika yang kuat.

Yang benar adalah bahwa akuntansi tidak sulit dipelajari ketika Anda memiliki minat pada jenis karier ini dan bakat untuk matematika. Ketika Anda berada dalam program gelar untuk akuntansi, Anda dapat berharap untuk mengambil kursus dalam berbagai aspek karir ini, seperti ekonomi, keuangan, manajemen biaya, dan statistik bisnis.

Akuntansi Membosankan

Kesalahpahaman lama tentang akuntansi adalah bahwa akuntansi adalah pilihan yang membosankan. Akuntansi lebih dari sekadar menganalisis angka dan melakukan perhitungan.

Bekerja dengan angka-angka ini bukan hanya tentang menggunakan keterampilan matematika Anda. Ingatlah bahwa semua perhitungan dan tugas-tugas lain yang Anda lakukan sebagai akuntan adalah bagian penting untuk memastikan perusahaan Anda atau klien Anda dapat menjaga kesehatan keuangan yang baik dan tetap dalam bisnis.

Sebagai seorang akuntan, angka-angka yang Anda hasilkan memberi Anda cara untuk membuat penilaian penting tentang bisnis. Dengan keterampilan akuntansi Anda, Anda dapat mengidentifikasi masalah potensial dengan cara perusahaan atau klien menjalankan bisnis mereka.

Anda dapat menggunakan perhitungan Anda untuk memberikan gambaran yang lebih baik kepada klien atau atasan Anda tentang kesehatan keuangan bisnis mereka dan menghasilkan gagasan tentang cara meningkatkannya, seperti mengurangi pengeluaran tertentu atau menemukan cara untuk meningkatkan keuntungan.

Akuntansi Hanya Pembukuan

Kesalahpahaman umum tentang akuntansi adalah bahwa akuntansi hanyalah pembukuan. Meskipun pembukuan adalah bagian dasar dari akuntansi, itu bukan satu-satunya tugas akuntansi.

Pembukuan melibatkan pencatatan pengeluaran dan pendapatan perusahaan, yang merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan keuangan bisnis. Ini adalah keterampilan penting untuk dipelajari untuk menjadi seorang akuntan. Namun, akuntan melakukan lebih dari sekadar menangani pembukuan.

Ketika Anda bekerja sebagai akuntan, Anda dapat berharap untuk menangani berbagai tugas yang berkaitan dengan keuangan perusahaan Anda, seperti memeriksa dokumen dan laporan keuangan untuk akurasi dan memastikan laporan keuangan sesuai dengan peraturan dan hukum.

Anda juga akan bertanggung jawab untuk mengevaluasi operasi keuangan perusahaan Anda untuk melakukan perbaikan yang diperlukan.

Tugas-tugas lain yang sering dilakukan akuntan termasuk menentukan cara bagi perusahaan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan pendapatan, menyiapkan pengembalian pajak, dan mengidentifikasi kemungkinan risiko penipuan.

Baca juga: 10 Asumsi Dasar Akuntansi yang Perlu Pebisnis Ketahui

Berbagai Kerugian Jika Anda Tidak Menggunakan Akuntansi

Mari kita lihat beberapa masalah yang mungkin Anda hadapi tanpa akuntansi:

Risiko Pengambilan Keputusan yang Buruk

Akuntansi membantu Anda mengawasi keberhasilan dan kelemahan keuangan bisnis. Data ini sangat penting untuk membuat keputusan yang memengaruhi perusahaan Anda.

Dari peralatan baru hingga menambahkan layanan baru ke daftar Anda, menganalisis data akuntansi mentah bisa membantu Anda mengambil keputusan yang tepat.

Tanpa akuntansi, Anda bisa saja membuat perubahan jangka panjang berdasarkan informasi yang salah yang menempatkan bisnis Anda dalam situasi keuangan yang buruk.

Masalah Arus Kas

Tanpa pengelolaan akuntansi untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan bisnis mengalami:

  • Kurangnya kredit yang tersedia
  • Defisit kas
  • Gagal bayar hutang
  • Kerugian finansial

Berbagai masalah di atas pada akhirnya bisa mengganggu arus kas bisnis sehingga menghambat jalannya operasional bisnis.

Menghambat Potensi Pertumbuhan

Jika Anda berencana untuk memperluas bisnis, Anda memerlukan akuntansi untuk meninjau keuangan dan membantu Anda mendapatkan pembiayaan yang diperlukan untuk ekspansi Anda.

Sulit bagi lembaga pemberi pinjaman untuk melihat Anda sebagai kandidat yang layak tanpa laporan keuangan yang diaudit. Tanpa akuntansi, sulit untuk membuktikan kesehatan keuangan bisnis Anda. Sayangnya, kurangnya data dapat membuat impian Anda untuk berekspansi terhenti.

Fraud Internal

Tidak peduli seberapa besar Anda mempercayai karyawan Anda, tidak memiliki kebijakan akuntansi yang ketat menempatkan Anda pada risiko penipuan internal yang tinggi.

Profesional akuntansi menghadirkan check and balances yang sangat dibutuhkan untuk bisnis dan membantu mencegah pengeluaran penipuan yang dapat mengakibatkan bangkrutnya bisnis Anda.

Gagal Menagih Piutang

Sistem akuntan dan akuntansi yang ada dapat membantu mengotomatiskan faktur Anda dari pengiriman hingga pembayaran akhir.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk menerapkan sistem akuntansi, software akuntansi online seperti Kledo dapat mengotomatiskan pengiriman hingga penagihan piutang kepada para pelanggan.

Baca juga: Pahami Aktivitas Operasi dari Arus Kas Berikut Ini

Akuntansi Konvensional VS Menggunakan Software Akuntansi

manfaat akuntansi

Akuntansi konvensional adalah proses pengelolaan pembukuan dan berbagai transaksi akuntansi secara manual tanpa bantuan software. Dalam akuntansi tradisional, peran akuntan menjadi penting karena merekalah yang harus mencatat, menghitung, dan membuat laporan keuangan yang lengkap dan bebas kesalahan.

Biasanya, dibutuhkan lebih dari satu orang untuk melakukan semua tugas tersebut karena dilakukan secara manual.

Sayangnya, kesalahan manusia tidak dapat dihindari dalam akuntansi tradisional. Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan telah beralih pada proses yang otomatis.

Akuntansi otomatis menggunakan software akuntansi masih melibatkan peran manusia untuk memasukkan data, tetapi sebagian besar prosesnya otomatis, terutama pencatatan dan pelaporan.

Dengan sistem akuntansi otomatis, human error dapat diminimalisir sehingga tingkat akurasinya lebih tinggi dibandingkan akuntansi konvensional.

7 Manfaat Utama Menggunakan Software Akuntansi di Perusahaan Anda

1. Menghemat Waktu dan Biaya

Pembukuan manual memang dikenal sebagai tugas yang sangat memakan waktu karena ada banyak transaksi untuk dicatat dan dihitung. Namun, dengan sistem akuntansi, semua prosedur dapat diotomatisasi sehingga dapat diselesaikan dengan cepat.

Perusahaan Anda tidak memerlukan akuntan tambahan untuk melakukan pembukuan dan tugas-tugas lainnya sehingga Anda dapat menghemat biaya perusahaan Anda untuk kebutuhan penting lainnya.

2. Meningkatkan Visibilitas Keuangan

Software akuntansi memudahkan pemangku kepentingan untuk memantau posisi keuangan perusahaan secara lebih komprehensif. Manajemen dapat melacak pengeluaran dan pendapatan serta keuntungan dan kerugian di berbagai unit bisnis dan departemen.

Dengan software akuntansi Kledo, Anda bahkan dapat membuat perkiraan arus kas dan dapat melihat semua informasi keuangan perusahaan Anda dalam satu tampilan melalui dasbor keuangan dengan desain dinamis dan mudah dimengerti.

Baca juga: Pengertian Siklus Akuntansi, Tahapan dan Contohnya

3. Meminimalkan Kesalahan

Perhitungan manual memiliki risiko kesalahan yang lebih tinggi, karena untuk memastikan akurasi Anda harus bergantung pada ketelitian akuntan.

Namun, dengan software akuntansi, proses perhitungannya otomatis. Kesalahan seperti data duplikat juga dapat dideteksi. Akuntan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengoreksi data dan dapat lebih fokus pada tugas yang benar-benar membutuhkan keahliannya.

4. Meningkatkan Manajemen Aset & Inventori

Software akuntansi yang baik harus dapat terhubung dengan manajemen aset dan inventori perusahaan Anda. Ini berarti bahwa itu harus memungkinkan Anda untuk mengelola aset dan inventori Anda juga. Sistem Akuntansi Kledo misalnya, memungkinkan Anda menghitung penyusutan aset secara otomatis, melacak biaya inventaris, dan melakukan stock opname dengan lebih mudah

5. Menyediakan Data secara Real Time

Software akuntansi memungkinkan Anda untuk melacak data keuangan perusahaan Anda secara real time. Anda bisa langsung mengetahui persis jumlah uang yang masuk dan keluar kapan saja.

Penyajian data secara real time sangat berguna, karena membantu Anda menemukan strategi dan rencana yang tepat untuk meningkatkan manajemen keuangan Anda.

6. Meningkatkan Proses Pengambilan Keputusan

Dengan laporan yang lengkap, akurat, dan real-time, para pemangku kepentingan akan dapat mengambil keputusan keuangan yang lebih baik bagi perusahaan. Mereka akan dapat mengetahui proses apa yang paling memakan biaya, biaya mana yang dapat dikurangi, dan sebagainya. Mereka juga dapat memutuskan apakah perusahaan siap secara finansial untuk berinvestasi, memperluas, mempekerjakan lebih banyak karyawan, mencoba strategi pemasaran baru, dan sebagainya.

7. Memberi Anda Fleksibilitas Tinggi

Software akuntansi online seperti Kledo memberi pengguna kemudahan untuk melacak informasi keuangan perusahaan mereka dan melakukan tugas akuntansi dari mana saja. Pengguna hanya membutuhkan koneksi internet untuk dapat menggunakan aplikasi melalui web browser.

Selain itu, software akuntansi online seperti Kledo juga dapat digunakan di perangkat seluler apa pun, termasuk smartphone dan tablet. Pengguna dapat melihat laporan keuangan atau melakukan berbagai proses yang diinginkan kapan saja dan dimana saja.

Jadi ingin membuat proses pembukuan dan akuntansi bisnis menjadi lebih mudah? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − eighteen =