Cara dan Contoh Menghitung NOPAT dalam Laporan Keuangan

cara menghitung nppat banner

NOPAT adalah singkatan dari Net Operating Profit After Tax dan mewakili pendapatan teoritis perusahaan dari operasi jika tidak memiliki utang (tanpa beban bunga). Mengetahui cara menghitung NOPAT membantu perusahaan lebih dapat diperbandingkan dengan pesaing berdasarkan dari struktur modal mereka.

Hal ini karena laba operasi bersih setelah pajak atau Net Operating Profit After Tax (NOPAT) menunjukkan laba setelah pajak perusahaan dari operasi bisnis sehari-hari dan memberikan wawasan penting, yang memungkinkan pemilik bisnis untuk memanfaatkan peluang yang menguntungkan.

Pada artikel ini Anda akan mempelajari apa itu NOPAT dan bagaimana cara menghitung serta perbedaannya dari dari laba bersih, EBIT, dan metrik lainnya.

Kami akan juga akan memberikan contoh kasus supaya Anda paham cara menghitung NOPAT, dan cara menggunakan rumus untuk membuat laporan dan membuat keputusan keuangan yang cerdas.

Apa itu NOPAT?

Dalam dunia keuangan perusahaan, investor dan pemegang saham menggunakan rumus NOPAT (Net Operating Profit After Tax) untuk mengukur pendapatan teoretis bisnis setelah semua pajak, bunga, dan biaya dipotong.

Rumus ini menunjukkan berapa banyak yang dapat dihasilkan perusahaan jika tidak memiliki utang-ini disebut arus kas bebas (free cash flow) tanpa utang.

Apa yang dimaksud dengan laba operasional?

Laba operasional adalah semua laba kotor yang diperoleh melalui operasi bisnis sebelum dikurangi bunga dan pajak.

Laba operasional adalah jumlah yang tersisa setelah biaya operasional atau operational expenditure (OpEX) dikurangkan dari pendapatan kotor bisnis.

Baca juga: Gordon Growth Model: Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Banner 1 kledo

Mengapa Menghitung NOPAT Penting dalam Bisnis?

NOPAT adalah indikator yang bagus untuk mengetahui seberapa baik perusahaan menggunakan aset untuk menghasilkan laba untuk operasi inti.

Setelah Anda menyelesaikan perhitungan NOPAT, Anda dapat menggunakan data tersebut untuk mengembangkan strategi yang dapat meningkatkan laba operasional.

Laba operasional juga tidak termasuk keuntungan dan kerugian non-operasional, yang tidak biasa dan tidak dapat diprediksi. Dengan berfokus pada laba operasional, seorang analis bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang profitabilitas.

Apa perbedaan antara EBIT dan EBITDA?

Setelah kami memperkenalkan Anda pada konsep laba operasi bersih, mari kita uraikan perbedaannya dengan EBIT dan EBITDA.

Keduanya mengukur profitabilitas bisnis dengan menggunakan laba bersih sebelum pajak, namun hanya sampai di situ saja kemiripannya.

  • Laba Sebelum Bunga dan Pajak (EBIT): Laba bersih sebelum dikurangi pajak dan bunga.
  • Laba Sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA): Laba bersih sebelum pajak dan bunga dikurangkan, tidak termasuk amortisasi dan depresiasi.

Baca juga: 10 Tanda Kegagalan Finansial Pada Bisnis dan Cara Mengatasinya

Apa yang dimaksud dengan aktivitas non-operasional?

Aktivitas non-operasional mencakup kejadian satu kali yang memengaruhi arus kas dan berada di luar cakupan operasi bisnis normal.

Beberapa contoh aktivitas non-operasional meliputi:

  • Membayar bunga utang
  • Restrukturisasi bisnis Anda
  • Menghapuskan persediaan
  • Membayar penyelesaian
  • Merelokasi pusat operasi Anda

Ini juga dikenal sebagai Belanja Modal (Capital Expenditures/Capex) karena merangkum pengeluaran jangka panjang yang luas daripada pengeluaran untuk operasi sehari-hari.

Bagaimana Cara dan Rumus Menghitung NOPAT?

cara menghitung nopat 3

NOPAT dihitung dengan menggunakan pendapatan satu tahun untuk menentukan keuntungan bisnis tanpa dampak utang. Langkah-langkah lengkapnya kami uraikan di bawah ini:

  • Dua rumus untuk menghitung NOPAT
  • Bagaimana menemukan laba operasional Anda

Pilih rumus NOPAT yang tepat

Ada dua rumus yang bisa Anda gunakan untuk menghitung NOPAT. Kedua perhitungan tersebut menghasilkan laba operasional berdasarkan nilai moneter setelah pajak.

Cara hitung menggunakan rumus NOPAT yang lebih kompleks

Anda harus menggunakan versi pertama jika Anda tidak yakin berapa banyak laba operasional yang diperoleh bisnis Anda sebelum dipotong bunga dan pajak.

NOPAT = (Laba bersih + kerugian pendapatan non-operasional – keuntungan pendapatan non-operasional + beban bunga + beban pajak) x (1 – tarif pajak)

Cara hitung menggunakan rumus NOPAT yang lebih sederhana

Rumus kedua adalah cara termudah untuk menghitung NOPAT karena membutuhkan lebih sedikit langkah.

Namun, Anda hanya dapat menggunakan rumus ini jika Anda telah mengetahui laba operasional bisnis Anda.

NOPAT = Laba operasional x (1 – tarif pajak)

Baca juga: Revenue Growth: Pengertian, Metrik, Rumus, dan Cara Meningkatkannya

Gunakan laporan laba rugi untuk mencari laba operasional

Jika Anda menggunakan software akuntansi Kledo, sangat mudah untuk menemukan laba operasi Anda. Cukup buka tab “Laporan” dan gulir ke bawah ke “LABA OPERASI BERSIH” pada laporan laba rugi Anda.

Jika Anda menyiapkan laporan laba rugi Anda sendiri, Anda perlu menghitungnya sendiri menggunakan rumus ini:

Pendapatan – biaya operasional – Harga Pokok Penjualan (HPP) – pengeluaran harian = Laba operasional

Memulai perhitungan

Setelah Anda mengetahui laba operasional Anda, kalikan laba operasional bersih dengan satu dikurangi tarif pajak untuk menemukan NOPAT.

Apakah penyusutan termasuk dalam NOPAT?

Ya, penyusutan termasuk dalam perhitungan NOPAT.

Jangan lupa hitung pajak Anda

Selanjutnya, Anda perlu memperhitungkan pajak. Tarif pajak Anda akan bervariasi tergantung pada sejumlah faktor termasuk lokasi, struktur, dan pendapatan bisnis.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk memverifikasi tarif pajak Anda, hubungi konsultan pajak untuk mendapatkan bantuan.

Baca juga: Rumus Economic Order Quantity dan Contoh Kasusnya

Contoh Kasus dalam Cara Menghitung NOPAT

cara menghitung nopat 2

Sebagai contoh dalam artikel ini, perkenalkan Pandi, pemilik Seaside Furniture, sebuah perusahaan manufaktur. Katakanlah ini adalah laporan laba rugi Seaside tahun 2023:

Seaside Furniture
Laporan Laba Rugi
Untuk Tahun Berakhir 2023

Pendapatan/BiayaNilai
Pendapatan1.000.000.000
Dikurangi: HPP(600.000.000)
Sama dengan: Laba kotor400.000.000
Biaya
Gaji dan tunjangan(120.000.000)
Sewa, asuransi, biaya overhead(60.000.000)
Depresiasi(20.000.000)
Total Biaya(200.000.000)
Laba operasi200.000.000
Keuntungan dari penjualan peralatan2.000.000
Beban bungan(18.000.000)
Pendapatan sebelum pajak184.000.000
Beban pajak (25%)(46.000.000)
Pendapatan bersih138.000.000

Catatan: Laporan laba rugi di atas menggunakan istilah pendapatan operasional, yang juga berarti laba operasional. Cara menghitung NOPAT dalamp embahasan ini akan menggunakan laba usaha, mari kita mulai:

Pilih rumus NOPAT yang tepat

Kita dapat menggunakan rumus NOPAT sederhana untuk perhitungan kita karena kita sudah memiliki laba usaha yang tercantum di laporan laba rugi.

Namun, untuk contoh ini, kami akan memandu Anda melalui rumus yang rumit.

Gunakan laporan laba rugi untuk mencari laba operasional

Anda akan melihat bahwa laba usaha (yaitu 200.000.000) tercantum pada laporan laba rugi. Jika Anda tidak melihat ini di laporan laba rugi, Anda dapat menghitung laba usaha sendiri dengan menggunakan rumus ini:

Pendapatan – harga pokok penjualan (HPP) – biaya operasional – penyusutan – amortisasi = Laba operasional

Jika kita menghitung laba operasional Seaside, maka akan terlihat seperti ini:

1.000.000.000 – 600.000.000 – 180.000.000 – 20.000.000 = 200.000.000

Dalam contoh ini, tidak ada amortisasi sehingga laba operasional akhir adalah 200.000.000.

Baca juga: Contoh Analisis Perbandingan Laporan Keuangan dan Manfaatnya

Hitung NOPAT

Sekarang, kita dapat memasukkan laba operasional Seaside ke dalam rumus NOPAT sederhana.

NOPAT = Laba operasional x (1 – tarif pajak)

Dengan asumsi tarif pajak Seaside adalah 25%, kita dapat menyelesaikan perhitungan kita.

(200.000.000) x (1 – tarif pajak 25%), atau 150.000.000

Kita dapat memecah perhitungan ini menjadi 200.000.000 x 0,75 yang sama dengan 150.000.000. Itu berarti laba operasional Seaside adalah 150.000.000.

Apa korelasi manfaat antara laporan laba rugi dan perhitungan NOPAT dalam bisnis?

Setelah menilai laporan laba rugi Seaside, kami menentukan bahwa mereka berpotensi meningkatkan laba operasional mereka dengan tiga cara utama:

  • Harga jual: Meningkatkan harga jual dapat meningkatkan laba.
  • Mengurangi biaya: Saldo harga pokok penjualan perusahaan sebesar 600.000.000, misalnya, mencakup biaya material dan tenaga kerja. Jika Seaside dapat menegosiasikan biaya material yang lebih rendah atau membayar upah tenaga kerja yang lebih rendah per jam, laba akan meningkat.
  • Mendapatkan efisiensi: Bisnis dapat bekerja lebih efisien dengan menggunakan teknologi. Perangkat lunak akuntansi dapat membantu perusahaan memposting transaksi akuntansi dan membuat faktur dalam waktu yang jauh lebih singkat, sehingga mengurangi biaya.

Baca juga: Jenis Laporan Keuangan Koperasi dan Contohnya

Cara Melakukan Perhitungan Margin NOPAT

cara menghitung nopat 1

Dengan menggunakan NOPAT yang telah kita hitung sebelumnya, kita dapat menghitung margin NOPAT Seaside untuk menemukan persentase yang secara akurat mewakili seberapa efisien bisnis menghasilkan laba dari operasi harian tanpa beban utang atau pajak.

Beberapa analis lebih suka menggunakan rumus margin NOPAT untuk menghitung laba yang terkait dengan setiap dolar penjualan. Rumus margin NOPAT adalah:

(NOPAT) / (Total pendapatan) = Margin NOPAT

Ketika kita memasukkan angka-angka tersebut dari laporan laba rugi Seaside tahun 2022, kita dapat menentukan bahwa margin NOPAT untuk Seaside adalah 15%.

(150.000.000) / (1.000.000.000) = 15%

Margin menghitung jumlah laba yang diperoleh dari setiap rupiah penjualan. Jika sebuah bisnis dapat meningkatkan marginnya, perusahaan akan lebih menguntungkan.

Rumus ini mirip dengan margin laba, yaitu (laba bersih) / (pendapatan). Margin laba Seaside untuk tahun 2023 adalah (138.000.000) / (1.000.000.000), atau 13,8%. Rasio margin laba lebih rendah karena laba bersih mencakup lebih banyak biaya daripada laba operasional.

Keuntungan dari NOPAT

NOPAT adalah metrik yang berguna untuk bisnis yang menginginkan wawasan yang jelas tentang profitabilitas dan efisiensi operasi mereka bagi investor.

NOPAT memberikan gambaran yang lebih baik tentang kinerja bisnis dengan mengeliminasi utang, bunga, dan pajak yang dapat mempengaruhi angka pendapatan.

Kekurangan NOPAT

NOPAT bukanlah metrik terbaik untuk penggunaan internal bisnis karena tidak mempertimbangkan utang dan pengeluaran lainnya.

Ketika mempertimbangkan operasi kehidupan nyata daripada hanya kinerja yang mendasarinya, penting untuk menghitung Net Operating Income (NOI) untuk melihat gambaran keseluruhan. Jika tidak, Anda berisiko membuat keputusan keuangan yang buruk.

Baca juga: 3 Jenis Laporan Keuangan Bulanan dan Cara Membacanya

Bagaimana Menginterpretasikan Rumus Margin Laba NOPAT?

Rumus NOPAT juga dapat memberikan wawasan tentang apa pun yang terkait dengan profitabilitas setelah pajak. Sebagai contoh, Anda dapat:

  • Menilai berapa banyak pajak yang meningkat ketika tidak ada utang: Rumus NOPAT menghilangkan dampak utang dan penghematan pajak karena memiliki utang. Hal ini penting karena ketika bisnis tidak memiliki utang, beban pajak mereka umumnya lebih tinggi.
  • Mengukur profitabilitas: Tentukan potensi penghasilan bisnis tanpa dampak pengeluaran dan pendapatan non-operasional.
  • Membandingkan profitabilitas beberapa bisnis: Investor dapat menggunakan rumus NOPAT untuk membandingkan dua atau lebih bisnis dan memilih opsi yang kemungkinan besar akan menghasilkan keuntungan tertinggi.
  • Penilaian peralatan: Tentukan nilai pasar peralatan bisnis tanpa dampak utang atau bunga pinjaman.

Untuk memberikan sedikit lebih banyak konteks, kami telah membahas dua skenario di bawah ini.

Skenario 1: Penilaian investor terhadap bisnis pesaing

Asumsikan bahwa Premier Furniture adalah pesaing Seaside, dan juga menghasilkan pendapatan sebesar 1 milyar selama tahun 2023. Namun, Premier memiliki utang sebesar 500 juta.

Anda dapat membandingkan profitabilitas Seaside dan Premier menggunakan laba operasional.

Anggap saja Anda memiliki bisnis manufaktur furnitur senilai 10 miliar, dan ingin membeli Seaside atau Premier. Untuk menilai profitabilitas, dia sebagai investor dapat menggunakan NOPAT untuk membandingkan profitabilitas kedua perusahaan.

Laba operasi mengungkapkan bagaimana setiap perusahaan menghasilkan laba dari aktivitas bisnis normal.

Keuntungan dan kerugian dari penjualan aset tidak biasa, dan tingkat utang dapat sangat bervariasi dari waktu ke waktu. NOPAT mengecualikan variabel-variabel ini dari rumus.

Saldo laba operasi dan laba bersih juga berbeda.

Skenario 2: Keuntungan bunga atas penjualan peralatan

Pada tahun 2023, Seaside memiliki pinjaman sebesar 300.000.000 dengan tunggakan 6%, dan membayar biaya bunga sebesar 18.000.000.

Dengan NOPAT, kita dapat melihat keuntungan 2.000.000 yang diperoleh Seaside dari penjualan peralatan tanpa beban pendapatan dan biaya non-operasional dari laba sebelum pajak.

Baik beban bunga maupun keuntungan dari penjualan peralatan termasuk dalam kategori non-operasional.

Baca juga: 4 Bentuk dan Contoh Laporan Keuangan yang Harus Dimiliki Bisnis

Perbedaan NOPAT dengan Free Cash Flow

NOPAT tidak memperhitungkan modal kerja atau belanja modal, dan rumusnya menghitung profitabilitas sebelum mempertimbangkan beban penyusutan dan beban pajak.

Itulah mengapa beberapa analis lebih memilih perhitungan free cash flow atau arus kas bebas, yang menyisihkan rupiah yang diperlukan untuk modal kerja dan belanja modal.

Arus kas bebas mengasumsikan bahwa modal kerja harus disisihkan untuk operasi bisnis, oleh karena itu, saldo tersebut dikurangkan dari total arus kas.

Berikut adalah rumus untuk menghitung arus kas bebas tanpa utang dari laba bersih bisnis Anda:

Arus kas bebas = Laba bersih + depresiasi/amortisasi – perubahan modal kerja – investasi modal

Modal adalah uang yang diinvestasikan dalam perusahaan untuk membeli aset atau mengoperasikan bisnis.

Setiap perusahaan menggunakan aset untuk menghasilkan pendapatan, dan aset harus dipelihara dengan baik dan pada akhirnya harus diganti.

  • Beban penyusutan: Nilai suatu aset setelah jangka waktu tertentu berlalu.
  • Amortisasi: Jumlah uang yang dibayarkan untuk membayar pokok dan bunga pinjaman.
  • Pajak: Kontribusi keuangan wajib yang dipotong oleh lembaga pemerintah.
  • Modal kerja: Uang yang tersedia untuk memenuhi kewajiban operasional jangka pendek. Perusahaan yang sehat secara finansial memiliki saldo modal kerja yang positif, yang berarti aset lancar lebih besar dari kewajiban lancar.
  • Investasi modal: Akuisisi properti atau pinjaman.

Baca juga: Perbedaan Top Line dan Bottom Line dalam Laporan Keuangan

Kesimpulan

Itulah cara menghitung NOPAT dalam laporan keuangan dan juga contoh kasus yang bisa menambah pengetahuan Anda mengenai analisis kesehatan keuangan bisnis dengan menghitung NOPAT.

Saat Anda membuat banyak jenis laporan keuangan, memilih data yang dapat ditindaklanjuti yang membantu Anda membuat keputusan bisnis yang cerdas namun inis bisa terasa sangat melelahkan. Jadi apa yang Anda lakukan setelah menghitung NOPAT Anda?

Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo untuk proses pembuatan laporan keuangan instan dan analisis kesehatan keuangan yang lebih mudah.

Kledo adalah software akuntansi online terintegrasi yang sudah digunakan oleh lebih dari 75 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − fifteen =