8 Cara Meningkatkan Laba yang Wajib Anda Coba dalam Bisnis

cara meningkatkan laba

Margin laba Anda adalah metrik yang harus selalu Anda perhatikan dalam mengelola bisnis. Untuk alasan yang baik: metrik ini menjawab pertanyaan penting tentang bisnis Anda, seperti apakah Anda menghasilkan uang atau tidak atau apakah Anda menetapkan harga produk Anda dengan benar. Namun bagaimana cara meningkatkan laba?

Pada artikel kali ini kami akan membahas cara meningkatkan laba dalam bisnis yang bisa Anda coba terapkan dalam usaha Anda.

Dengan menggunakan metode mapan tercantum di bawah ini, bisnis Anda akan dapat mempromosikan dirinya sendiri secara lebih efisien kepada audiens yang lebih luas, menentukan sasaran yang membahas target penjualan, laba, dan pendapatan dalam hubungannya satu sama lain, dan memastikan bahwa tim Anda terus-menerus bekerja ke arah Anda tujuan pertumbuhan bisnis yang lebih besar dan lebih baik.

8 Cara Meningkatkan Laba yang Optimal

cara meningkatkan laba

1. Pastikan harga Anda mendorong peningkatan margin keuntungan

Penetapan harga produk secara efektif bukan lagi bentuk seni yang sulit untuk dipahami; persaingan dan permintaan telah menjadikannya suatu bentuk ilmu yang bisa Anda pahami.

Karena pasar terus menjadi lebih dinamis, strategi penetapan harga Anda harus mencerminkan hal ini dengan menjadi fleksibel dan agile.

Strategi penetapan harga Anda adalah fondasi yang menjadi dasar pendapatan dan margin keuntungan Anda, jadi jika Anda belum membuat strategi yang dibuktikan dengan data untuk mempromosikan keuntungan, itu adalah aspek pertama dari bisnis Anda yang harus Anda fokuskan.

Data yang Anda perlukan untuk mulai meningkatkan dan mengadaptasi strategi penetapan harga Anda sepertinya tidak ada habisnya, tetapi melacak informasi yang Anda butuhkan tidak harus menjadi tugas yang memakan waktu.

Dengan bantuan software akuntansi canggih seperti Kledo, ini akan menyempurnakan strategi penetapan harga Anda bisa semudah hanya dengan beberapa klik dan dapat menghemat beberapa jam kerja yang membosankan.

Selain itu, dengan memanfaatkan Kledo, Anda dapat bersiap dengan baik untuk efek masa depan dari setiap keputusan yang Anda buat terkait perubahan harga dan akan selalu mengetahui bagaimana tepatnya setiap keputusan harga yang Anda buat memengaruhi strategi Anda, atau apakah keputusan tersebut sejalan dengan tujuan Anda.

Oleh karena itu, beralih dari strategi pengelolaan data keuangan manual ke proses otomasi data merupakan cara tebaik untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan Anda, dan juga merupakan salah satu perubahan positif termudah yang dapat Anda integrasikan ke dalam perusahaan Anda.

Jika Anda tertarik dengan proses pengelolaan data keuangan yang lebih mudah, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Baca juga: Pajak Pertambahan Nilai: Pengertian Lengkap, Tarif, dan Cara Hitungnya

2. Memiliki tujuan yang jelas dan terdefinisi dengan baik

Jika poin sebelumnya membuat Anda bertanya-tanya tujuan apa yang Anda miliki sejak awal mendirikan bisnis, sekarang adalah saat yang tepat untuk mempertimbangkannya secara mendetail.

Langkah pertama adalah menentukan tujuan Anda. Beberapa orang mungkin tidak menyadari pentingnya hal ini; tentunya, semua bisnis bertujuan untuk mendorong pertumbuhan, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan laba mereka.

Tapi ketiga target ini tidak sama. Misalnya, meningkatkan penjualan Anda tidak selalu menghasilkan peningkatan pendapatan. Dan mendorong pertumbuhan mungkin memerlukan investasi yang pada awalnya juga tidak menghasilkan peningkatan pendapatan.

Mengetahui di mana Anda ingin menuntaskan tujuan utama adalah cara terbaik untuk mengetahui bagaimana untuk sampai ke sana.

Anda mungkin dapat memiliki alat terbaik yang tersedia dalam bisnis, tetapi tanpa Anda dan tim bekerja menuju target yang ditentukan dengan jelas, Anda mungkin menemukan tujuan Anda lebih sulit untuk dicapai.

Kuncinya di sini adalah buat tujuan sespesifik mungkin. Tetapkan target untuk tim produk individu yang sesuai dengan tujuan yang lebih umum.

Jika tujuan utama Anda adalah peningkatan laba, maka Anda mungkin ingin melihat KPI dari bisnis lain untuk meningkatkan margin keuntungan mereka sebesar 5% dalam waktu 2 atau 3 bulan, misalnya.

Tanpa struktur ini, bisnis Anda mungkin kesulitan untuk sampai pada kesimpulan tentang tindakan mana yang harus diambil untuk ditingkatkan.

Baca juga: Contoh dan Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang

3. Berkomunikasi lebih banyak dengan pelanggan Anda

Pelanggan senang didengarkan, dan secara mengejutkan bersedia untuk berbicara dengan retailer tempat mereka membeli. Baik itu dalam bentuk survei, ulasan, atau bahkan referensi ke orang lain, pelanggan ingin mengomunikasikan pemikiran mereka tentang pengalaman berbelanja mereka. Untuk pengecer, ini memiliki beberapa keuntungan.

Pelanggan tidak hanya dapat mengarahkan Anda ke lebih banyak pembeli potensial dengan cara yang lebih tulus daripada pemasaran umum, mereka juga dapat menunjukkan dengan tepat kekurangan dalam sistem Anda yang sulit dilihat dari sudut pandang mana pun selain mereka.

Dengan membuka berbagai jalur komunikasi dengan pelanggan Anda, pada dasarnya Anda mendapatkan pers gratis dan konsultasi gratis untuk meningkatkan bisnis Anda.

Selama perusahaan Anda menerima umpan balik yang Anda terima, Anda akan dapat membuat perubahan pada bisnis Anda yang memastikan pengalaman pelanggan yang positif.

Hasilnya akan menjadi peningkatan lalu lintas dan penjualan, dan karena itu kemungkinan peningkatan pendapatan juga.

Baca juga: Kode Akun Akuntansi: Berikut Pembahasan Lengkap dan Contohnya

4. Ciptakan lebih banyak insentif

Semua orang suka merayakan. Apakah itu liburan penting seperti Natal atau alasan yang lebih pribadi seperti ulang tahun, memberikan insentif kepada pelanggan Anda untuk berbelanja akan memberi Anda lonjakan penjualan.

Industri ritel secara keseluruhan telah menciptakan acara seperti Black Friday atau Cyber ​​Monday untuk mempromosikan penjualan dan mendorong konsumen untuk berbelanja.

Banyak perusahaan menjadi lebih kreatif dengan ide ini dan telah menciptakan liburan mereka sendiri lengkap dengan promosi, diskon, dan penawaran khusus yang menarik pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli beberapa item sekaligus.

Bisnis Anda dapat memperoleh manfaat dari penawaran yang dipersonalisasi untuk menciptakan lebih banyak insentif untuk membeli, seperti mencatat ulang tahun pembeli dengan keanggotaan loyalitas dan menawarkan diskon khusus yang sesuai.

Dalam pengertian yang lebih umum, Anda juga dapat membuat liburan sendiri seputar merek Anda untuk mendatangkan pelanggan baru dan membuat pelanggan setia tetap datang.

Banyak konsumen hanya mencari alasan untuk membeli lebih banyak, dan jika Anda berhasil menemukan alasan kreatif untuk memberikannya kepada mereka, Anda akan melihat lonjakan penjualan yang sesuai, dan ini merupakan cara efektif untuk meningkatkan laba dalam bisnis Anda.

Baca juga: Rekomendasi 10 Software Toko Terbaik untuk Bisnis yang Lebih Baik

5. Bundel dan jual produk Anda untuk meningkatkan pendapatan

Masih berhubungan dengan poin keempat, cara hebat lainnya untuk menciptakan insentif untuk membuat pelanggan membeli dan meningkatkan laba adalah dengan menggabungkan dan menjual produk Anda.

Bundling mungkin tampak seperti strategi yang membuat Anda harus menjual produk dengan harga murah, tetapi Anda akan terkejut dengan banyak cara Anda bisa berkreasi dengan produk bundling.

Tidak harus sesederhana menggabungkan benih bunga dengan tanah; Anda dapat dengan mudah menggabungkan produk bersama-sama untuk mendapatkan ide hadiah potensial, atau menemukan inspirasi dengan melihat data penjualan Anda untuk menemukan hubungan yang diabaikan antara pembelian produk tertentu dan membuat penawaran untuk mereka secara bersamaan.

Upselling adalah cara hebat lainnya untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan Anda. Terkadang pelanggan tahu apa yang mereka cari, tetapi belum mengetahui opsi yang lebih baik.

Hal ini terutama berlaku untuk elektronik, misalnya. Dengan menampilkan dengan jelas produk yang lebih mahal dan canggih dibandingkan dengan apa yang mereka cari, Anda kemungkinan besar akan mendapatkan pelanggan yang bersemangat berharap untuk meningkatkan pembelian mereka dan bersedia membayar harga yang lebih tinggi.

Bundling dan upselling adalah cara yang fantastis untuk mempromosikan beberapa produk Anda dan juga mendorong pembeli untuk membelanjakan lebih banyak saat menjelajahi toko Anda.

Baca juga: Tips Pengelolaan Profit Agar Bisnis Terus Berkembang

6. Cari saluran & peluang distribusi baru

Bisnis Anda mungkin memiliki strategi pemasaran yang teruji dan benar dengan saluran yang berhasil untuk digunakan.

Tetapi bagaimana jika Anda kehilangan saluran distribusi lain dan tidak menyadarinya? Mengaudit strategi pemasaran Anda adalah cara yang bagus untuk menemukan peluang dan audiens baru untuk dipasarkan, dan meningkatkan angka Anda dalam prosesnya.

Bagian terbaiknya adalah enemukan saluran baru seringkali membutuhkan sedikit atau tanpa perubahan pada strategi pemasaran Anda saat ini; Anda masih menyimpan saluran yang ada dan metode yang Anda gunakan untuk menjual melalui saluran ini.

Audit rutin adalah satu-satunya langkah ekstra yang diperlukan untuk menemukan saluran distribusi baru yang berpotensi menguntungkan untuk bisnis Anda.

Baca juga: Cara Menghemat Biaya Operasional Agar Bisnis Untung

7. Fokus pada merek Anda

cara meningkatkan laba

Merek Anda adalah alat vital yang membentuk bagaimana produk Anda dipersepsikan.

Citra merek yang baik atau buruk dan sangat mempengaruhi harga yang Anda dapat menjual produk Anda.

Pelanggan lebih peduli tentang karakter merek daripada sebelumnya, dan bersedia membayar harga yang lebih tinggi untuk pengecer yang lebih tepercaya.

Ada beberapa cara untuk melindungi dan meningkatkan citra merek Anda. Banyak pemilik bisnis berinvestasi dalam keberlanjutan dan upaya sadar lingkungan lainnya mengenai produk mereka, atau menyumbang untuk amal.

Bagaimana Anda memasarkan produk Anda juga berperan dalam persepsi merek Anda; pelanggan semakin pintar dan bereaksi buruk terhadap taktik pemasaran yang tidak original.

Sederhananya, jika Anda tetap cerdas dengan cara Anda berbicara dengan basis pelanggan Anda dan berinvestasi sedikit ekstra untuk menyediakan lebih banyak produk yang diproduksi secara etis, pelanggan Anda akan menghargai Anda dengan kesetiaan mereka, dan Anda mungkin akan melihat investasi ini terbayar dalam bentuk peningkatan penjualan dan pendapatan.

Baca juga: Proyeksi Keuangan: Pengertian, Tujuan, dan Tips Membuatnya

8. Motivasi tim Anda

Studi menunjukkan bahwa pelanggan cukup peduli dengan karyawan retailer tempat mereka berbelanja.

Perusahaan yang dikenal dengan lingkungan kerja yang buruk membayar harganya dengan merusak citra merek mereka dan secara negatif memengaruhi pengalaman pelanggan mereka.

Secara internal, karyawan yang merasa kurang mendapat kesempatan untuk dipromosikan dan/atau pekerjaannya tidak dihargai di dalam perusahaan, jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memberikan pekerjaan terbaiknya.

Memberikan perhatian khusus pada pendapatan dan penjualan bukan berarti bahwa perusahaan harus lepas tangan dan tidak memperhatikan kebahagiaan dan kesejahteraan tenaga kerjanya.

Faktanya, pendapatan dan penjualan Anda dapat memperoleh manfaat dari memberikan perhatian ekstra dalam memberikan motivasi dan inspirasi bagi karyawan Anda.

Pekerja dengan kompensasi yang tepat akan menunjukkan penghargaan mereka dengan bekerja lebih keras menuju tujuan perusahaan. Namun jika perusahaan Anda tidak menghargai karyawan, pada akhirnya mereka akan pergi ke padang rumput yang lebih hijau.

Baca juga: Ingin Berbisnis Toko Bangunan? Ikuti 10 Tips Berikut Ini

Kesimpulan

Seperti yang mungkin Anda perhatikan, ada beberapa tren umum di antara metode-metode ini yang dapat membantu Anda mengetahui cara meningkatkan penjualan dan laba.

Pertama, inovasi dan pemikiran ke depan adalah cara penting untuk tetap berada dalam track yang tepat. Hal ini contohnya adalah seperti memberikan perhatian ekstra pada merek Anda, memberikan kompensasi yang lebih baik bagi karyawan, atau lebih memperhatikan peningkatan permintaan pelanggan Anda.

Kedua, teknologi adalah kunci untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Alat analitik dan pengelolaan keuangan canggih dapat membantu perusahaan Anda mendapatkan pandangan yang lebih baik tentang pasar Anda, menemukan lebih banyak peluang untuk pertumbuhan, menentukan harga produk Anda secara lebih efektif, dan mematuhi tujuan dan target Anda.

Untuk proses perencanaan keuangan dan memaksimalkan laba dengan lebih baik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo yang memiliki fitur terlengkap dengan harga yang terjangkau dan cocok untuk semua jenis bisnis.

Sebagai permulaan, Anda bisa mencoba software akuntansi Kledo untuk cara terbaik meningkatkan laba dalam bisnis Anda secara gratis melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 3 =