Rumus Laba Bersih Untuk Menghitung Laba Bersih dan Cara Hitungnya

rumus laba bersih

Rumus laba bersih merupakan formula untuk menghitung seberapa banyak laba yang dihasilkan perusahaan setelah dipotong berbagai biaya. Perlu diketahui bahwa laba bersih menentukan kesehatan keuangan bisnis.

Perhitungan ini menunjukkan jika sebuah perusahaan menghasilkan lebih banyak uang daripada yang dibelanjakan. Ketika investor ingin berinvestasi dalam bisnis, mereka akan memeriksa laba bersih perusahaan terlebih dahulu.

Artikel ini akan membahas apa itu laba bersih, fungsi, rumus, dan poin penting lainnya mengenai laba bersih.

Memahami Definisi Laba Bersih

rumus laba bersih

Laba bersih perusahaan adalah jumlah uang yang diperoleh bisnis setelah dikurangi bunga, biaya operasional, dan pajak selama periode tertentu. Laba bersih disebut juga laba setelah pajak.

Jumlah pendapatan yang Anda peroleh dari penjualan barang dan jasa Anda kemudian dikurangkan dari jumlah pengeluaran yang Anda miliki untuk pendapatan tersebut.

Jumlah ini akan disebut laba Anda, dan jika positif, itu akan disebut laba bersih. Laba bersih tercantum pada laporan laba rugi, yang mencantumkan semua sumber pendapatan dan pengeluaran untuk periode tertentu.

Baca juga: Pajak Pertambahan Nilai: Pengertian Lengkap, Tarif, dan Cara Hitungnya

Fungsi Laba Bersih bagi Bisnis

Laba bersih menunjukkan keberhasilan suatu usaha. Misalnya, tidak peduli berapa banyak penjualan yang dihasilkan bisnis, Laba bersih adalah yang menunjukkan apakah perusahaan menghasilkan uang. Laba bersih menunjukkan kepada pemilik bisnis berapa banyak uang yang tersedia untuk diinvestasikan dalam bisnis. 

Bank dan pemberi pinjaman melihat laba bersih dan memutuskan apakah mereka harus memberikan sanksi pinjaman kepada perusahaan. Misalnya, perusahaan dengan laba bersih yang lebih tinggi cenderung memiliki arus kas yang kuat dan dapat dengan cepat membayar biaya bunga dan membayar kembali pinjaman. 

Pemilik bisnis menggunakan laba bersih untuk membandingkan profitabilitas bisnis di berbagai periode akuntansi. Laba bersih juga dapat digunakan untuk membandingkan kinerja perusahaan dalam industri yang sama. 

Baca juga: Contoh dan Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang

Kelebihan dan Kekurangan Laba Bersih

Laba bersih dihitung sebagai pendapatan dikurangi biaya. Rumus laba bersih adalah sebagai berikut:

Laba Bersih = Pendapatan – Beban

Laba bersih juga biasa disebut dengan laba bersih atau net profit.

Kelebihan:

1. Orang dapat membandingkan pendapatan dengan laba bersih untuk periode waktu yang berbeda untuk melihat keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan, yang berguna untuk perencanaan keuangan

2. Laba bersih dapat digunakan untuk mengetahui apakah suatu perusahaan menguntungkan dan apakah mengalami kenaikan atau penurunan dari periode sebelumnya

Kekurangan:

1. Laba bersih tidak mempertimbangkan biaya non-moneter, misalnya biaya tenaga kerja dan modal yang terlibat dalam produksi

2. Karena itu, laba bersih mungkin tidak memiliki nilai yang sama dengan aset bersih atau nilai buku, yang keduanya mempertimbangkan biaya modal.

Perbedaan Laba Bersih dan Laba Kotor

Laba bersih adalah jumlah uang yang melebihi pengeluaran dan pajak selama satu tahun buku. Pendapatan kotor hanyalah jumlah uang yang diperoleh seseorang sebelum pajak diambil.

Anda dapat menemukan pendapatan bersih Anda dengan menjumlahkan pendapatan kotor dan mengurangi harga pokok penjualan, biaya operasional, depresiasi, dan biaya lainnya. Angka tersebut mungkin tidak sama dengan laba bersih, tergantung pada struktur pajak di negara tertentu.

Pendapatan kotor adalah jumlah yang diperoleh dari penjualan barang dan jasa. Pendapatan kotor tidak termasuk harga pokok penjualan. Misalnya, jika Anda menjalankan kios limun dan menghasilkan $39,55 selama satu jam, Anda telah menghasilkan $39,55. Pendapatan kotor adalah semua pendapatan yang diperoleh suatu perusahaan, bahkan termasuk pengeluaran-pengeluaran.

Dengan kata lain, laba bersih adalah pendapatan setelah pengeluaran. Ini adalah pendapatan yang dimiliki perusahaan atau bisnis sebelum dikurangi biaya. Dengan kata lain, laba bersih adalah penghasilan bruto dikurangi pajak penghasilan, beban bunga, depresiasi, dan amortisasi.

Rumus Laba Bersih

Laba bersih adalah total keuntungan perusahaan Anda setelah dikurangi semua pengeluaran bisnis. Ini adalah jumlah uang yang tersisa untuk membayar pemegang saham, berinvestasi dalam proyek atau peralatan baru, melunasi utang, atau menabung untuk penggunaan di masa mendatang.

Rumus untuk menghitung laba bersih adalah:

Pendapatan – Harga Pokok Penjualan – Beban = Laba Bersih

Bagian pertama dari rumus, pendapatan dikurangi harga pokok penjualan, juga merupakan rumus untuk pendapatan kotor.

Jadi dengan kata lain, rumus laba bersih adalah:

Pendapatan Kotor – Beban = Pendapatan Bersih

Atau, jika Anda benar-benar ingin menyederhanakannya, Anda dapat mengungkapkan rumus laba bersih sebagai:

Total Pendapatan – Total Pengeluaran = Pendapatan Bersih

Laba bersih bisa positif atau negatif. Ketika perusahaan Anda memiliki lebih banyak pendapatan daripada pengeluaran, Anda memiliki laba bersih yang positif. Jika total pengeluaran Anda lebih dari pendapatan Anda, Anda memiliki laba bersih negatif, juga dikenal sebagai rugi bersih.

Dengan menggunakan rumus di atas, Anda dapat menemukan laba bersih perusahaan Anda untuk periode tertentu: tahunan, triwulanan, atau bulanan—mana pun jangka waktu yang sesuai untuk bisnis Anda.

Baca juga: Kode Akun Akuntansi: Berikut Pembahasan Lengkap dan Contohnya

Cara Menghitung Rumus Laba Bersih

Mengetahui cara menghitung laba bersih dapat membantu Anda membuat keputusan keuangan penting untuk membantu Anda mengembangkan bisnis. Rumus pendapatan bersih memungkinkan Anda untuk memahami apa keuntungan bisnis Anda. Untuk menghitung laba bersih suatu perusahaan, digunakan pendekatan rumus.

Untuk membuat rumus laba bersih, Anda perlu memahami laporan laba rugi. Laporan laba rugi adalah dokumen keuangan yang digunakan perusahaan untuk mencantumkan pendapatan, biaya, dan pengeluaran bisnis selama periode tertentu.

Saat menghitung pendapatan bersih, Anda perlu mengurangi biaya dari pendapatan untuk mengetahui berapa banyak uang yang dihasilkan bisnis Anda selama periode tertentu.

Ada beberapa cara untuk menghitung laba bersih. Anda dapat menggunakan pendekatan rumus sederhana, atau Anda dapat menggunakan pendekatan terperinci.

  • Laba Bersih = (Pendapatan – Pengeluaran)
  • Tapi tunggu dulu, apa yang kita lakukan jika ada arus kas masuk atau kas keluar?
  • Ketika ada arus masuk uang tunai, Anda harus menambahkannya ke pendapatan
  • Ketika ada arus kas keluar, Anda menambahkannya ke pengeluaran
  • Laba Bersih = (Pendapatan + Arus Kas Masuk – Arus Kas Keluar)

Rumus Laba Bersih: Sebuah Contoh

Katakanlah Wyatt’s Saddle Shop ingin mencari pendapatan bersihnya untuk kuartal pertama tahun 2021. Berikut adalah nomor yang digunakan Wyatt:

  • Total pendapatan: $60.000
  • Harga Pokok Penjualan (HPP): $20,000
  • Sewa: $6.000
  • Utilitas: $2,000
  • Gaji: $10,000
  • Iklan: $1.000
  • Beban bunga: $1,000

Pertama, Wyatt dapat menghitung pendapatan kotornya dengan mengambil total pendapatannya, dan mengurangkan HPP:

Pendapatan kotor = $60.000 – $20.000 = $40.000

Selanjutnya, Wyatt menambahkan pengeluarannya untuk kuartal tersebut:

Pengeluaran = $6.000 + $2.000 + $10.000 + $1.000 + $1.000 = $20.000

Sekarang, Wyatt dapat menghitung pendapatan bersihnya dengan mengambil pendapatan kotornya, dan mengurangi biaya:

Laba bersih = $40.000 – $20.000 = $20.000

Laba bersih Wyatt untuk kuartal ini adalah $20,000

Rumus Laba Bersih Operasional

Jumlah laba bersih lain yang berguna untuk dilacak adalah laba bersih operasional. Laba bersih operasional mirip dengan laba bersih. Namun, ini melihat keuntungan perusahaan dari operasi saja tanpa memperhitungkan pendapatan dan pengeluaran yang tidak terkait dengan kegiatan inti bisnis.

Ini dapat mencakup hal-hal seperti pajak penghasilan, beban bunga, pendapatan bunga, dan keuntungan atau kerugian dari penjualan aset tetap. Pendapatan operasional kadang-kadang disebut sebagai EBIT atau “earnings before interest and tax

Rumus untuk laba bersih operasional adalah:

Laba Bersih + Beban Bunga + Pajak = Laba Bersih Operasional

Atau, dengan kata lain, Anda dapat menghitung laba bersih operasional sebagai:

Laba Kotor – Beban Operasional – Penyusutan – Amortisasi = Pendapatan Operasional

Investor dan pemberi pinjaman terkadang lebih suka melihat laba bersih operasional daripada laba bersih. Ini memberi mereka gambaran yang lebih baik tentang seberapa menguntungkan kegiatan bisnis inti perusahaan.

Misalnya, sebuah perusahaan mungkin kehilangan uang pada operasi intinya. Tetapi jika perusahaan menjual mesin yang berharga, keuntungan dari penjualan itu akan dimasukkan ke dalam laba bersih perusahaan.

Keuntungan itu mungkin membuat perusahaan tampak baik-baik saja, padahal sebenarnya, mereka berjuang untuk tetap bertahan. Laba bersih operasional mengambil keuntungan dari pertimbangan, sehingga pengguna laporan keuangan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang profitabilitas dan penilaian perusahaan.

Baca juga: Rekomendasi 10 Software Terbaik untuk Bisnis yang Lebih Baik

Rumus Laba Bersih Operasional: Sebuah Contoh

Mari kita kembali ke Toko Pelana Wyatt. Jika Wyatt ingin menghitung laba bersih operasionalnya untuk kuartal pertama tahun 2021, ia cukup menambahkan kembali beban bunga ke laba bersihnya.

$20.000 laba bersih + $1.000 beban bunga = $21.000 (laba bersih operasional)

Menghitung laba bersih dan laba bersih operasional itu mudah jika Anda memiliki pembukuan yang baik. Dalam hal ini, Anda mungkin sudah memiliki laporan laba rugi atau laporan laba rugi yang menunjukkan pendapatan bersih Anda. Untuk mempermudah pembukuan yang baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo.

Banner 2 kledo

Cara Menghitung Laba Bersih dengan Pembukuan Sistem Ganda

rumus laba bersih

Ketika menggunakan pembukuan double entry, Anda harus menggunakan aturan debit dan kredit dengan benar. Jika Anda tidak terbiasa dengan aturan seputar kredit, debit, dan saldo akun, prosesnya bisa sedikit membingungkan.

Inilah sebabnya mengapa semua akuntan dan profesional keuangan harus mengikuti langkah-langkah tertentu untuk memastikan bahwa catatan keuangan sudah benar. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menghitung laba bersih menggunakan pembukuan double entry.

Pertama, Anda perlu melacak saldo aset dan kewajiban Anda setiap kali Anda melakukan penjualan. Setelah Anda menjual produk Anda, Anda harus mengurangi biaya dari pendapatan dan menuliskan perbedaannya dalam jurnal Anda.

Jika selisihnya positif, Anda akan ingin mencatatnya di aset Anda karena itu adalah keuntungan. Jika selisihnya negatif, Anda akan ingin mencatatnya dalam kewajiban Anda. Ini semua adalah bagian dari proses pencatatan.

Tujuh langkah mudah menghitung laba bersih adalah:

  • Langkah 1: Buat Daftar Aset
  • Langkah 2: Buat Daftar Kewajiban
  • Langkah 3: Hitung Penghasilan Bersih
  • Langkah 4: Daftar Ekuitas
  • Langkah 5: Buat Perhitungan
  • Langkah 6: Buat Daftar Laporan Laba Rugi Bersih
  • Langkah 7: Melengkapi Laporan Keuangan

Baca juga: Tips Pengelolaan Profit Agar Bisnis Terus Berkembang

Kesimpulan

Saat Anda membuat keputusan tentang bisnis Anda, ada baiknya untukmengetahui cara menghitung laba bersih. Laba bersih adalah metrik utama yang menunjukkan kesehatan keuangan perusahaan. Ini dihitung dengan mengurangkan biaya operasi dari pendapatan.

Dalam kasus bisnis yang tidak berhubungan, Anda cukup mengurangi semua pengeluaran bisnis Anda dari semua pendapatan bisnis Anda. Anda harus sangat berhati-hati dalam menghitung semua pengeluaran dan pendapatan untuk bisnis berbadan hukum. Anda harus memastikan Anda bahwa angka perhitungan Anda tepat dan akurat.

Untuk menghasilkan perhitungan laba bersih yang akurat, Anda memerlukan software akuntansi terbaik dari Kledo. Dengan menggunakan Kledo, perhitungan laba bersih bisa dilakukan lebih mudah, cepat, dan akurat.

Mulai dari menghitung arus kas bisnis, pembuatan invoice, manajemen stok persediaan, otomatisasi laporan keuangan, pelaporan pajak, dan berbagai pekerjaan akuntansi lainnya bisa Anda selesaikan melalui satu platform saja.

Jadi, tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Kledo gratis selama 14 hari melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − 2 =