Belajar Internet Marketing Untuk Para Pemilik Bisnis

belajar internet marketing

Strategi pemasaran telah berubah secara signifikan karena teknologi dan internet telah menjadi bagian yang lebih besar dari kehidupan sehari-hari konsumen, itulah sebabnya belajar internet marketing untuk Anda pemilik bisnis adalah hal yang sangat penting.

Pemasaran online telah menjadi komponen penting dari setiap strategi pemasaran bisnis. Mengetahui cara membuat strategi pemasaran internet yang efektif dapat membantu bisnis Anda menjangkau audiens target dan meningkatkan keuntungan Anda.

Pada artikel ini, kami membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang belajar internet marketing, termasuk cara membuat strategi internet marketing yang efektif

Apa itu Internet Marketing?

internet marketing

Internet marketing, juga biasa disebut sebagai pemasaran online atau digital marketing, adalah proses menggunakan internet untuk menjangkau audiens target yang lebih luas dan mempromosikan merek, produk, atau layanan Anda.

Internet marketing adalah istilah yang mencakup semua yang mencakup alat atau strategi pemasaran apa pun yang dilakukan secara online.

Manfaat Menggunakan Internet Marketing dalam Bisnis

Ada keuntungan yang jelas bagi bisnis dan pengusaha yang menggunakan bentuk pemasaran ini, termasuk:

Internet marketing umumnya lebih murah

Setidaknya setengah dari pemasaran online melibatkan pemasar yang menggunakan alat dan metode gratis untuk menghasilkan lalu lintas organik.

Lalu lintas “Organik” berarti bahwa pengguna internet membuka situs web tanpa iklan berbayar.

Baik pengguna tersebut datang ke situs web melalui mesin pencari (dengan mengklik tautan tidak berbayar) atau melalui saluran lain, seperti tautan yang diposting di media sosial.

Baca juga: Marketing Mix 7P: Pengertian, Komponan, Bedanya dengan 4P dan Contohnya

Internet marketer memiliki akses ke sejumlah besar alat analisis

Banyak dari alat tersebut gratis atau berisi versi gratis. Hal ini sangat membantu bagi orang-orang yang memiliki anggaran yang ketat.

Namun, untuk mendapatkan lebih banyak prospek dan menghasilkan lebih banyak uang, perusahaan dan individu mungkin perlu membayar untuk versi premium dari alat ini.

Internet marketer memiliki banyak pilihan saluran pemasaran

Ada banyak strategi yang dapat digunakan bisnis dan pengusaha untuk menemukan dan mempertahankan pelanggan.

Jenis pemasaran internet marketing akan kita bahas di bawah

Internet marketing dapat menghasilkan penargetan demografis yang lebih efisien

Saat bekerja online dan menggunakan alat analisis, pemasar online memiliki banyak data pengguna yang mereka miliki, dari berbagai sumber.

Dengan informasi tersebut, internet marketer dapat menentukan tipe konsumen yang lebih cenderung membeli dari suatu bisnis dan tipe konsumen mana yang bersedia membayar lebih untuk layanan tertentu.

Hal ini memungkinkan pemasar untuk menghemat waktu dan uang untuk akuisisi pelanggan.

Jenis Internet Marketing

Ada beberapa jenis saluran yang bisa Anda gunakan dalam melakukan internet marketing, antara lain:

Desain website

Desain website mengacu pada daya tarik visual dan fungsionalitas situs web perusahaan Anda.

Situs web yang dirancang dengan baik akan mendorong pengunjung situs Anda untuk tetap berada di situs Anda lebih lama, dan semakin lama pengunjung tetap berada di situs Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk menanggapi ajakan bertindak Anda.

Search engine marketing

Search engine marketing adalah segala upaya pemasaran yang dimaksudkan untuk mengoptimalkan situs web Anda agar berperingkat lebih tinggi di halaman hasil mesin telusur seperti Google.

Baik pengoptimalan mesin pencari atau SEO dan kampanye iklan pencarian berbayar dianggap sebagai pemasaran mesin pencari, tetapi masing-masing berbeda.

Optimisasi mesin pencari adalah proses di mana konten, kualitas, dan fungsionalitas situs web Anda secara alami meningkatkan peringkat SERP Anda.

Kampanye SEO yang efektif memerlukan penelitian kata kunci yang ekstensif dan kemampuan untuk menulis konten berkualitas tinggi dan berharga berdasarkan kata kunci pilihan Anda. Kampanye iklan pencarian berbayar dikenal sebagai iklan bayar per klik.

Baca juga: Mengetahui Fungsi Pemasaran untuk Keberhasilan Bisnis

Iklan bayar per klik

Iklan bayar per klik atau pay per click PPC adalah bentuk pemasaran mesin pencari di mana Anda membayar untuk setiap klik pada tautan Anda dari halaman hasil mesin pencari atau iklan bergambar.

Hasil ini ditandai sebagai “disponsori” atau “iklan” untuk menunjukkan bahwa mereka adalah bagian dari kampanye iklan berbayar.

Anda membayar biaya yang ditetapkan setiap kali seseorang mengklik tautan berbayar Anda dari SERP atau iklan bergambar.

Saat Anda menjalankan kampanye iklan PPC teks, mesin pencari menempatkan tautan Anda di atau di dekat bagian atas SERP untuk pencarian yang menggunakan kata kunci spesifik yang Anda targetkan.

Saat Anda menjalankan kampanye iklan PPC display, iklan Anda ditampilkan di internet kepada konsumen yang sesuai dengan demografi audiens target Anda.

Iklan yang muncul di umpan berita Anda saat Anda menelusuri Facebook adalah contoh iklan bergambar.

Social media marketing

Social media marketing adalah proses menggunakan platform media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, tetap terlibat dengan pelanggan Anda, membangun loyalitas pelanggan, dan menghasilkan prospek penjualan.

Social media marketing terdiri dari pemasaran organik dan iklan berbayar.

Content marketing

Content marketing digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek, mendidik dan memberi tahu pelanggan dan pengunjung situs Anda, dan membangun kepercayaan pada pengetahuan dan keahlian perusahaan Anda.

Hal-hal ini pada akhirnya mengarah pada peningkatan prospek dan penjualan.

Content marketing mengacu pada konten apa pun yang ditulis dan dipublikasikan secara online untuk mempromosikan merek Anda. Konten dapat mencakup artikel blog, e-book, studi kasus, whitepaper, dan guest post.

Email marketing

Kampanye email marketing menyediakan cara untuk tetap berkomunikasi dengan daftar klien Anda, mengiklankan produk atau layanan baru, menawarkan diskon dan promosi, serta mengingatkan mereka tentang perusahaan Anda.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan daftar email Anda, seperti menanyakan alamat email pelanggan saat mereka melakukan pembelian dan menggunakan tombol “bergabung dengan newsletter kami” dan CTA di seluruh situs web Anda.

Anda juga dapat menawarkan diskon atau kupon khusus untuk menarik pelanggan agar mendaftar ke daftar email Anda.

Baca juga: Mengetahui Perbedaan Sales dan Marketing dalam Bisnis

Affiliate marketing

Affiliate marketing melibatkan sistem rujukan antara dua atau lebih pihak. Sebagai bagian dari kesepakatan, pemasar berbagi keuntungan yang mereka peroleh dari pembelian pelanggan sebagai imbalan untuk mempromosikan produk atau layanan satu sama lain.

Pemasar harus jujur saat melakukan ini dan memberi tahu audiens mereka tentang kesepakatan semacam itu.

Seringkali, ini berhasil karena pelanggan menyukai kejujuran dan afiliasi cenderung menawarkan diskon kepada pelanggan yang mengikuti tautan atau kode tertentu.

Influencer marketing

Pemasaran influencer terjadi ketika seorang pemasar konten bermitra dengan seseorang yang memiliki banyak pengikut, baik di media sosial atau di dalam industri mereka.

Bergantung pada seberapa besar pengikut yang dimiliki influencer, orang ini dapat memerintahkan ribuan atau jutaan dolar untuk menulis posting di situs web orang lain atau muncul di konten lain.

Internet marketer harus mempertimbangkan biaya jenis pemasaran ini terhadap potensi keuntungan moneter.

Banner 3 kledo

Baca juga: 15 Teknik Pemasaran Paling Jitu untuk Menarik Banyak Pelanggan

Cara Belajar Internet Marketing Untuk Pemilik Bisnis

belajar internet marketing

Ikuti langkah-langkah ini untuk belajar membuat strategi internet marketing yang sukses:

1. Lakukan riset pasar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika belajar menciptakan strategi internet marketing yang sukses adalah melakukan riset pasar.

Riset pasar ini harus bertujuan untuk mengidentifikasi siapa audiens target Anda, saluran online mana yang paling efektif untuk menjangkau audiens target Anda, strategi pemasaran online apa yang digunakan pesaing Anda dan seberapa baik strategi pemasaran online tersebut bekerja untuk pesaing Anda.

2. Tentukan kebutuhan perusahaan Anda

Selanjutnya, gunakan wawasan data yang telah dikumpulkan dari riset pasar Anda untuk meninjau tujuan pemasaran perusahaan Anda dan menentukan apa kebutuhan pemasaran online perusahaan Anda.

Selama langkah ini, Anda harus mencoba mengidentifikasi jenis saluran online mana yang perlu Anda gunakan untuk menjangkau audiens target Anda dan mencapai tujuan pemasaran Anda.

Misalnya, Anda dapat menentukan bahwa perusahaan Anda membutuhkan kehadiran media sosial yang kuat, situs web yang dioptimalkan dengan blog yang aktif, dan pengoptimalan mesin telusur atau SEO.

Baca juga: Funneling Adalah Strategi Penting dalam Marketing, Berikut Penjelasannya

3. Buat anggaran

Setelah Anda mengetahui apa kebutuhan internet marketing perusahaan Anda, Anda dapat membuat anggaran pemasaran yang mencakup setiap kebutuhan pemasaran online Anda.

Jika anggaran pemasaran awal Anda tidak cukup tinggi untuk menutupi biaya semua strategi pemasaran online yang ingin Anda gunakan, pertimbangkan untuk memulai hanya dengan satu atau dua strategi dan meningkatkan anggaran pemasaran yang lebih besar saat Anda mulai menerima laba atas penjualan dalam investasi awal Anda.

4. Rancang website yang ramah pengguna

Website perusahaan Anda kemungkinan akan berfungsi sebagai dasar dari semua kampanye pemasaran online Anda.

Fokus utama dari sebagian besar kampanye pemasaran online lainnya adalah mengarahkan lebih banyak lalu lintas kembali ke website Anda dan mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan saat berada di sana.

Website yang dirancang dengan baik dan ramah pengguna sangat penting untuk bisnis.

Dalam membangun website, ramah pengguna berarti situs web memiliki desain yang menarik dan ringan, mudah dinavigasi dan digunakan, serta dioptimalkan untuk beberapa platform, seperti komputer, laptop, dan perangkat seluler.

Baca juga: Flywheel Marketing: Pengertian Lengkap dan Cara Penerapannya dalam Bisnis

5. Optimalkan situs web Anda

Setelah Anda membuat website yang ramah pengguna dan siap untuk mulai menarik lalu lintas ke situs Anda, Anda perlu mengoptimalkan situs web Anda untuk pemasaran mesin telusur.

Mulailah dengan membuat strategi optimasi mesin pencari dan tentukan kata kunci mana yang ingin Anda targetkan.

Kemudian buat konten berharga untuk situs web Anda yang menargetkan kata kunci tersebut. Pastikan Anda mengoptimalkan pengoptimalan di halaman dan di luar halaman.

6. Buat profil perusahaan di platform media sosial

Selanjutnya, Anda harus mempertimbangkan untuk membuat profil perusahaan di setidaknya satu platform media sosial.

Banyak bisnis menggunakan beberapa platform media sosial, tetapi bagaimana Anda menggunakan setiap platform lebih penting daripada berapa banyak platform tempat Anda memiliki profil.

Pikirkan tentang platform media sosial mana yang paling sering digunakan audiens target Anda dan kemudian buat strategi pemasaran media sosial yang dirancang untuk platform spesifik tersebut.

Baca juga: Conversational Marketing: Pengertian, Contoh, dan Strateginya

7. Tentukan jenis pemasaran online tambahan yang akan Anda gunakan

Setelah Anda memiliki website yang ramah pengguna dan dioptimalkan dan telah membuat profil media sosial perusahaan, Anda dapat menentukan jenis kampanye pemasaran online lain yang ingin Anda masukkan ke dalam strategi pemasaran online Anda.

Anda mungkin juga ingin memulai secara perlahan, membuat rencana untuk menerapkan jenis kampanye pemasaran online yang berbeda ke dalam keseluruhan strategi Anda pada waktu yang berbeda.

Misalnya, Anda dapat memulai dengan menggunakan kampanye PPC di media sosial dan kampanye SEO untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda sebelum memulai kampanye email beberapa bulan kemudian.

8. Ukur, tinjau, dan analisis hasil kampanye Anda

Setelah Anda menerapkan strategi pemasaran online, Anda perlu melacak dan mengukur hasil upaya pemasaran Anda dengan cermat.

Ada beberapa alat yang tersedia yang akan membantu Anda memantau kinerja setiap bagian dari kampanye pemasaran online Anda.

Analisis hasil Anda untuk melihat strategi mana yang memiliki dampak terbesar dan strategi mana yang dapat Anda tingkatkan.

Baca juga: Rahasia Storytelling dalam Marketing yang Wajib Dicoba, Apa Saja?

Kesimpulan

Belajar internet marketing tidak bisa Anda lakukan dalam semalam, ini membutuhkan kerja keras, modal, dan juga pengetahuan tentang tren terkini tentang industri produk atau layanan yang Anda jual.

Strategi internet marketing yang berhasil tidak akan berdampak pada keuntungan dalam bisnis Anda, namun juga brand awareness dari produk Anda.

Selain proses pemasaran, hal lain yang tak kalah penting dan perlu Anda perhatikan adalah melakukan proses pembukuan untuk memastikan kesehatan keuangan dalam bisnis Anda.

Belum memiliki sistem pencatatan keuangan yang baik? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan seperti software akuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + one =