Yuk Kenalan dengan Instagram Takeover: Pemasaran Terbaik untuk Bisnis

instagram takeover

Tahukah Kawan Kledo bahwa strategi pemasaran semakin hari semakin berkembang? Jika dulu, kita hanya mengenal strategi pemasaran tradisional seperti iklan di media cetak dan media elektronik, saat ini ada berbagai strategi pemasaran mulai dari SEO, iklan di media sosial, hingga Instagram takeover.

Instagram takeover ini menjadi strategi yang bisa dicoba untuk bisnis Kawan Kledo. Instagram takeover dilakukan dengan cara mengambil alih suatu akun Instagram untuk dikelola oleh orang lain. Biasanya, pihak yang mengelola ini merupakan influencer yang memiliki popularitas di Instagram.

Nah, kira-kira seperti apa Instagram takeover ini dan bagaimana strategi terbaik melakukannya? Buat Kawan Kledo yang penasaran, Kawan Kledo dapat menyimak penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa Itu Instagram Takeover?

instagram takeover

Instagram takeover adalah proses mengambil alih akun Instagram orang lain untuk sementara dengan tujuan untuk berbagi konten dengan audiens mereka. Pengambilalihan Instagram adalah salah satu strategi Instagram marketing terbaik baik itu bagi brand, individu, dan influencer untuk berkolaborasi dan mempromosikan konten secara silang.

Pengambilalihan dimulai ketika brand atau bisnis mengizinkan influencer atau pengguna Instagram lain untuk memposting foto ke umpan mereka untuk waktu yang singkat dan terus berkembang seiring dengan rangkaian fitur Instagram.

Feeds, reels, story, dan Instagram live adalah konten-konten yang diguanakan dalam strategi Instagram takeover ini. Cara ini keseluruhan dapat menambahkan dimensi baru dan menarik bagi target audiens di Instagram.

Baca Juga: Maksimalkan Penjualan dengan Ide Konten Instagram Ini, Gampang Banget!

Mengapa Instagram Takeover Dipilih?

Menurut Gary Vaynerchuk, seorang pengusaha terkenal dan marketer di media sosial: pengambilalihan Instagram ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga merupakan contoh bagus dari pertukaran nilai 50/50 dan merupakan bentuk kemitraan yang saling menguntungkan.

Dengan pengambilalihan, tuan rumah mendapatkan seseorang yang dapat memberikan nilai bagi pengikut mereka, sedangkan tamu dapat menjangkau audiens baru dengan konten mereka. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah situasi win-win.

Baca Juga: Cara Promosi Online Shop di Instagram Paling Mudah

Apa Manfaat Instagram Takeover?

Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari Instagram takeover? Berikut penjelasannya:

Manfaat untuk Bisnis

Bagi sebuah bisnis, strategi Instagram takeover akan memberikan manfaat, antara lain:

1. Mendapatkan Pengikut Baru

Dengan mengundang influencer untuk mengambil alih akun Instagram, ini akan memungkinkan bagi Kawan Kledo untuk terhubung langsung dengan pengikut infliencer tersebut.

Dengan ini, Kawan Kledo dapat menjangkau audiens yang besar dengan bermitra dengan influencer atau selebritas populer. Jika Kawan Kledo ingin terhubung dengan grup khusus, atau menjangkau segmen pasar baru, pemilihan host Instagram takeover yang tepat dapat membantu Kawan Kledo dalam melakukannya.

2. Konten yang Fresh dan Menarik

Influencer memiliki kemampuan bagaimana mereka dapat terhubung dengan audiens. Selama pengambilalihan, Kawan Kledo dan pengikut Kawan Kledo bisa mendapat manfaat dari suara dan perspektif mereka yang khas.

3. Kepercayaan

Pengguna Instagram memiliki kepercayaan pada influencer yang mereka ikuti. Satu dari lima telah membeli produk berdasarkan rekomendasi influencer. Dan di antara audiens Gen Z, influencer bisa lebih persuasif daripada dukungan selebriti tradisional.

Pengambilalihan atau takeover adalah persetujuan tersirat dari influencer itu, yang menunjukkan bahwa merek Kawan Kledo juga kredibel dan dapat dipercaya.

4. Meningkatkan Engagement

Pengambilalihan adalah acara khusus yang mendorong audiens Kawan Kledo untuk memberikan perhatian khusus pada akun Kawan Kledo saat itu terjadi. Jika Kawan Kledo membagikan produk baru, meluncurkan kampanye, atau mempromosikan acara, lonjakan minat ini bisa sangat berharga.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Postingan Menarik di Instagram, Wajib Dicoba!

Manfaat untuk influencer

Sedangkan untuk influencer berikut manfaat yang didapatkan:

1. Mengembangkan Audience

Bermitra dengan merek memungkinkan bagi influencer untuk terhubung dengan pengikut mereka, yang kemungkinan besar memiliki minat dan nilai yang sama. Pengambilalihan adalah kesempatan bagi influencer untuk membuat kesan yang baik dan menunjukkan kepada mereka mengapa mereka harus mengikuti influencer tersebut juga!

2. Mengembangkan Kredibilitas

Apa pun niche seorang influencer di Instagram—fashion, makanan, kebugaran —bermitra dengan merek yang relevan menunjukkan bahwa influencer mengenal barang-barang yang mereka gunakan.

3. Menghasilkan Konten

Influencer juga dapat (dan harus!) mempromosikan takeover yang dilakukannya di Instagram mereka. Dan jika influencer mengambil alih akun merek untuk melihat di balik layar kampanye atau produk, influencer memiliki kesempatan untuk berbagi cerita dan pos eksklusif dengan pengikut.

4. Mendapatkan Peluang Khusus

Instagram adalah tentang berbagi pengalaman dengan pengikut dan brand dapat memberikan akses ke tempat dan acara yang luar biasa. Misalnya adalah yang dilakukan oleh kurator Kimberly Rose Drew pergi ke Milan untuk pengambilalihan dengan Prada.

Baca Juga: Strategi Instagram Marketing Ini Wajib Dilakukan untuk Penjualan

Langkah Strategi Instagram Takeover

instagram takeover

1. Tetapkan Tujuan

Saat mengatur Instagram takeover, Kawan Kledo mungkin ingin mempertimbangkan terlebih dahulu tujuan Kawan Kledo melakukannya dan bagaimana Kawan Kledo akan mengukur tingkat keberhasilannya.

Sasaran yang ditujui akan memengaruhi strategi di balik pengambilalihan ini dan metrik yang dipilih akan memudahkan Kawan Kledo dalam mengukur keberhasilan pengambilalihan.

Berikut adalah beberapa sasaran dan metrik relevan yang dapat Kawan Kledo pertimbangkan untuk Instagram takeover ini:

  • Tingkatkan kesadaran merek, yakni dengan mengukur pertumbuhan pengikut, jangkauan, jumlah penayangan, jumlah sebutan di saluran lain, dan lainnya
  • Libatkan komunitas, yakni dengan melihat jumlah interaksi (like, komentar, penayangan, atau pesan langsung), jumlah pemirsa langsung, dan lainnya.
  • Promosikan produk atau acara, yakni dengan memperhatikan lalu lintas ke situs web, jumlah konversi, jumlah peserta, dan lainnya.

Misalnya, Kuno Creative, sebuah agen inbound marketing, bereksperimen dengan meminta karyawan mengambil alih akun Instagram perusahaan. Tujuan mereka adalah:

  • Untuk menumbuhkan pengikut, engagement, dan aktivitas Kuno di Instagram;
  • Untuk membuat budaya dan nilai-nilai perusahaan menjadi transparan dan top-of-mind dengan secara konsisten memberikan visual yang menarik;
  • Metrik yang mereka ukur adalah pertumbuhan pengikut dan tingkat keterlibatan, yang mereka definisikan sebagai (“Suka” + “Komentar”) dan “Pengikut di akhir pengambilalihan”.

2. Tentukan Tamu

Setelah Kawan Kledo memutuskan tujuan dan metrik, hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah siapa yang diundang sebagai tamu. Ada tiga jenis tamu yang bisa menjadi pilihan.

Berikut adalah tiga jenis tamu utama yang dapat Kawan Kledo ajak bekerja sama untuk pengambilalihan Instagram:

  • Influencer
  • Karyawan atau kolega
  • Anggota komunitas atau pelanggan

Influencer

Jenis tamu yang paling umum adalah influencer. Dengan jenis pengambilalihan ini, influencer di bisnis Kawan Kledo biasanya akan mengambil alih akun dan membagikan konten yang selaras dengan bidang keahlian mereka.

Memiliki influencer di akun Instagram perusahaan adalah dukungan yang baik untuk sebuah bisnis. Ini menunjukkan kepada pengikut Kawan Kledo bahwa influencer mempercayai bisnis Kawan Kledo.

Pengikut juga akan mendapat manfaat yang didari dapat mendengar langsung oleh pakar industri. Ini mirip dengan memiliki tamu terkenal di podcast, Facebook Live, atau obrolan Twitter Anda.

Karyawan atau kolega

Jenis tamu yang paling umum berikutnya adalah karyawan atau rekan bisnis. Melalui pengambilalihan Instagram, rekan bisnis dapat memberi pengikut Kawan Kledo tentang pandangan orang-orang mengenai perusahaan dan terhubung dengan mereka secara pribadi.

Rekan kerja Kawan Kledo ini dapat berbagi tentang perusahaan mulai dari sudut pandang mereka. Perspektif mereka tentang perusahaan mungkin sangat berbeda dari Kawan Kledo tersendiri, membuat pengambilalihan seperti itu lebih menyenangkan.

Membiarkan mereka mengambil alih Instagram perusahaan juga akan menambah variasi ke akun dan memungkinkan pengikut untuk mendengar dan berinteraksi dengan lebih banyak orang dari perusahaan yang Kawan Kledo kelola.

Anggota komunitas atau pelanggan

Kawan Kledo juga dapat mengundang anggota komunitas atau pelanggan untuk mengambil alih akun Instagram perusahaan dan membagikan pengalaman mereka yang relevan dengan perusahaan dan pengikut di Instagram.

Instagram selalu tentang komunitas. Memiliki anggota komunitas atau pelanggan yang mengambil alih akun Instagram perusahaan menunjukkan bahwa Kawan Kledo menghargai dan mempercayai mereka.

Ini juga menunjukkan bahwa Kawan Kledo bangga dengan komunitas dan pelanggan sehingga Kawan Kledo bersedia memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk terlibat langsung dengan Instagram bisnis Kawan Kledo.

Selain itu, mereka mungkin berbagi perspektif yang berbeda tentang bisnis Kawan Kledo dan membantu menciptakan keragaman dalam konten yang mereka buat.

Pilih jenis pengambilalihan

Berkat fitur luar biasa di Instagram, ada lebih dari satu jenis konten yang dapat diposting oleh tamu Anda di akun Instagram perusahaan Anda. Mereka bisa:

  • Buat postingan Instagram
  • Posting di Cerita Instagram Anda
  • Tayangkan dengan akun Instagram Anda
  • Postingan Instagram
  • Memiliki posting tamu Anda di galeri Instagram Anda adalah cara asli untuk mengambil alih akun Instagram. Ini membantu menambah variasi ke galeri Instagram Anda.

Baca Juga: Tips Foto Produk Paling Instagramable yang Wajib Dicoba

3. Promosikan

Bahkan jika pengambilalihan adalah hal biasa di akun Instagram perusahaan, ada baiknya Kawan Kledo mengumumkannya dan memberi tahu pengikut di Instagram. Berikut adalah beberapa cara umum untuk mempromosikan pengambilalihan Instagram:

Umumkan di Instagram

Kawan Kledo dapat mengumumkan pengambilalihan melalui postingan Instagram atau cerita, sehari atau seminggu sebelum pengambilalihan dimulai.

Sebagai contoh, Shopify memberi tahu para pengikutnya tentang pengambilalihan Instagram Stories yang akan datang. Postingan semacam itu berguna untuk pengambilalihan pada konten Instagram Stories karena mungkin ada lebih banyak orang yang menggulir feed Instagram mereka daripada melihat semua Instagram Stories.

Promosikan di Channel Lain

Kawan Kledo juga dapat mempromosikan Instagram takeover ini di saluran media sosial yang lain misalnya Twitter, Facebook, dan Snapchat. Ini lakukan untuk menarik lebih banyak perhatian pada pengambilalihan tersebut.

Orang yang mengikuti perusahaan Kawan Kledo di Twitter, Facebook, atau Snapchat mungkin tidak mengikutinya di Instagram. Promosi silang membuat semua pengikut Kawan Kledo tetap terhubung.

Lakukan Promosi Bersama

Setelah Kawan Kledo mengumumkan dan mempromosikan pengambilalihan, Kawan Kledo juga dapat mengundang tamu untuk melakukan hal yang sama. Ada insentif untuk mempromosikan pengambilalihan Instagram-nya sendiri jika dia ingin pengambilalihan tersebut berhasil.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Followers di Instagram Paling Ampuh, Coba Sekarang!

5. Mulai Instagram Takeover

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah memulai Instagram takeover. Perlu diketahui, Kawan Kledo sebenarnya tidak perlu membiarkan tamu atau influencer masuk dan mengambil alih akun Instagram perusahaan.

Umumnya ada dua cara untuk melakukan pengambilalihan Instagram, yakni:

  • Pengambilalihan akun penuh di mana tamu mendapatkan akses ke akun Instagram perusahaan.
  • Pengambilalihan semi-akun di mana tamu mengirimi Anda file media untuk diposkan atas namanya.

Pengambilalihan akun penuh

Bergantung pada preferensi dan tujuan, pengambilalihan akun penuh mungkin lebih cocok daripada pengambilalihan setengah akun. Misalnya, jika Kawan Kledo ingin membiarkan tamu melakukan siaran langsung dengan akun Instagram perusahaan, Kawan Kledo harus memberi tamu akses penuh ke akun Instagram Kawan Kledo.

Keuntungan:
  • Ini akan terasa lebih otentik karena tamu akan benar-benar mengambil alih akun Instagram.
  • Tidak perlu repot karena Kawan Kledo tidak perlu memposting apa pun atas nama tamu.
  • Tamu dapat melihat dan membalas komentar dengan cepat melalui akun Instagram Kawan Kledo, terutama untuk Instagram Stories karena balasannya akan berupa pesan langsung di akun perusahaan.
  • Ini satu-satunya cara bagi tamu untuk melakukan siaran langsung dengan akun Instagram Anda.
Kekurangan:
  • Kurang aman untuk membagikan kata sandi secara online karena berisiko akun dihack.
  • Kawan Kledo memiliki lebih sedikit kendali atas apa yang diposkan tamu, kapan mereka mengeposkannya, dan apa yang mereka lakukan dengan akun perusahaan

Pengambilalihan semi-akun

Jika Kawan Kledo takut mengkompromikan kata sandi atau jika Kawan Kledo lebih suka membantu tamu melakukan posting, pengambilalihan semi-akun akan lebih cocok. Tamu hanya perlu mengirimi foto atau video yang ingin dia posting, dan Kawan Kledo dapat mempostingnya pada waktu yang Kawan Kledo inginkan.

Keuntungan:
  • Lebih aman karena tidak perlu membagikan kata sandi secara online.
  • Itu membuat segalanya lebih mudah bagi tamu yang mungkin membuat kemitraan lebih menarik.
  • Kawan Kledo akan memiliki kendali atas kapan harus memposting foto atau video.
Kekurangan:
  • Mungkin terasa kurang autentik saat Kawan Kledo memposting atas nama tamu.
  • Tamu tidak akan dapat membalas dengan akun Instagram bisnis Kawan Kledo. (Mereka masih dapat membalas dengan akun Instagram mereka sendiri.)
  • Tamu tidak akan dapat melihat balasan apa pun untuknya khusus pada bagian balasan Instagram Stories.
  • Kawan Kledo tidak akan dapat membiarkan tamu ditayangkan dengan akun Instagram perusahaan Anda.

Baca Juga: Ingin Memakai Jasa Endorse Instagram? Berikut Daftar Harganya

6. Selesaikan

Setelah Kawan Kledo menyelesaikan pengambilalihan Instagram , satu-satunya yang tersisa untuk dilakukan adalah meninjau kinerja pengambilalihan.

Salah satu cara terbaik untuk mengukur keberhasilan adalah dengan membandingkan perubahan dalam metrik yang Kawan Kledo identifikasi di langkah pertama. Misalnya: Berapa banyak pengikut yang diperoleh selama pengambilalihan? Berapa banyak keterlibatan yang diterima?

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai Instagram takeover yang dapat Kawan Kledo ketahui. Untuk memaksimalkan keuntungan bisnis Kawan Kledo, jangan lupa untuk mengelola keuangan bisnis Kawan Kledo dengan baik.

Gunakan software akuntansi Kledo untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis Kawan Kledo ini. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan membuat pengelolaan keuangan bisnis menjadi lebih mudah. Klik di sini untuk daftar Kledo sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 5 =